Adakah Snack Sehat Untuk Anak-Anak?

Belakangan saya kok merasa kesulitan mendapatkan snack atau cemilan dan minuman sehat yang khusus untuk dikonsumsi anak-anak. Beberapa hari yang lalu anak saya mendapat hadiah ULTAH dari temannya di sekolah. Karena dia sedang berpuasa maka hadiah berupa makanan dan minuman tersebut dibawa pulang ke rumah. Sebenarnya di rumah sudah dengan tegas kami melarang si kecil untuk mengkonsumsi makanan berupa snack atau cemilan maupun minuman kemasan yang banyak beredar di pasaran. Demi menyenangkan hatinya yang kebutulan lagi berlatih untuk puasa penuh, maka kami mengijinkan sebagian dari makanan dan minuman tersebut dimakan. Besoknya pas di sekolah badannya langsung  panas yang akhirnya niatnya untuk puasa penuh selama bulan ramadhan jadi sirna (bolong 3 hari).

Setelah saya perhatikan ternyata banyak dari snack atau cemilan dan minuman anak-anak yang beredar di pasaran mengandung bahan pengawet dan MSG. Saya tidak tahu apakah mungkin kebutulan saja anak saya yang agak sensitif dengan makanan dan minuman tersebut. Karena tidak jarang setelah mengkonsumsi makanan berupa snack atau cemilan maupun minuman kemasan tersebut biasanya badannya panas, diare atau muntah. Sementara kita cukup kesulitan mengkontrol anak-anak untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan kalau sudah bermain dan bergaul dengan teman-temannya di luar rumah.

Bagi teman-teman yang punya referensi daftar makanan berupa snack dan minuman kemasan untuk anak-anak yang aman untuk dikonsumsi atau punya pengalaman yang serupa tolong di share  ya :)..?

About these ads

33 thoughts on “Adakah Snack Sehat Untuk Anak-Anak?

  1. Saya sama si adik, rada sensitive kalau habis nyemil snack-snack gitu bisa kambuh radang tenggorokan, badan panas ampe seminggu, apalagi minuman-minuman gelas itu…aduuhh gak usah nunggu lama reaksinya cepat.

    Kata Bunda karena saya emang gak dibiasakan nyemil snack2 itu, karena adik saya yg biasa makan apa saja jg kebal. Emang lebih baik gak usah di kasih aja…mendingan dibikinin ama Bundanya…anak yang kek gini kadang bikin Bundanya jadi kreativ lho…seperti Bundaku :)

    • Iya mungkin tergantung daya tahan tubuh masing-masing orang. Kalau di rumah kita masih bisa kontrol apa yang dimakan. cuman kalau sudah gabung dengan teman-temannya itu yang agak susah :).
      Benar juga tuh mbak si bundanya harus kreatif untuk buat cemilan tanpa merk tentunya…

      • Kalau anak ingin jajan yang kaya teman-temannya, seingat saya sih…Bunda selalu menjelaskan bahayanya dan kadang Bunda ikut melibatkan saya untuk membuat jajanan itu dengan bertanya pendapat saya kalau dia bikin kue A, B atau C biasanya sih jadi lupa dengan jajanan itu dan kebetulan saya dulu selalu dibekali makanan dari rumah :)

  2. saya dulu pas kecil sampe sempat di kemo segala mas gk boleh jajan snack2 gituan, gara2 ada masalah dengan paru2 saya.. hehe

    kalo saran saya sih, coba si ibu rajin bikin cemilan di rumah, insya Allah bisa mengurangi minat si kecil untuk jajan snack sembarangan..:)

    • Benar juga mbak…si bunda kudu sering buat cemilan produksi sendiri nich.. tapi kadang-kadang naluri anak kecil kalau melihat temannya makan sesuatu yang belum pernah dia makan biasanya penasaran dan pengen juga :)…

  3. kalo di sini, tidak hanya anak2 tapi hampir semua org dewasa kalo mereka ke sekolah ato bekerja biasa bawa bekal dr rumah, biasanya roti dan ngemilnya buah serta sayuran segar spt wortel , krn di sini nggak ada warung mbldher kayak di tanah air :)

    • Bagus juga tuh mbak..kalau di indonesia jajanan yang khusus untuk anak-anak jumlah banyak banget dan bisa dibeli dengan mudah di warung-warung kecil. Namun makanan dan minuman tersebut rata-rata tidak aman dikonsumsi untuk anak kecil karena mengandung bahan pengawet,pewarna,dll

      • mungkin krn di tanah air sdh terbiasa ya anak diberi uang jajan jadi bisa jajan di mana saja, andai dibiasakan bawa bekal dr rumah pasti lain ceritanya, cuma emang membiasakan budaya baru sama sulitnya dgn menghilangkan budaya lama :( … anak2 khan blom tahu jajan yg mana yg baik , jadi dlm hal ini kali peran ortu amat penting.

        di kotaku sono, ada lho TK yg murid2nya ndak boleh jajan di luar, jadi semuanya yg mengelola TK itu sendiri, jadi terjamin, nggak tahu ya apa ada yg spt ini di daerah lain

      • Ya benar mbak peran ortulah yg paling penting. Memang ada juga sih sekolah yang membuat aturan anak-anak tdk boleh jajan di sekolah karena pihak sekolah yang mengatur snack dan menu makanan yang disiapkan utk siswanya. Kebutulan kalau di tempat TK anak saya malah kebalikannya.
        Mungkin takut para wali murid protes kalau menu makanan tdk sesuai dengan keinginan ortu :). Maka utk snack dan makan besar (sekolah menyebutnya pemberian GIZI) kalau nggak salah tiap minggu 1 kali. kemudian utk yg 5 hari mendapat snack. Sebenarnya anak-anak sudah tidak boleh jajan lagi karena mereka sudah mendapatkan snack dan makan besar di sekolah walaupun bukan pihak sekolah yang menyediakan. Para wali muridlah yg menyediakan snack dan makanan tersebut secara bergiliran.

        Nah yang sering jadi masalah kalau pas jatah snack karena ada juga wali murid yang menyediakan snack kemasan artinya snack berupa biskuit atau makanan ringan lainnya yang mengandung bahan pengawet atau lainnya yg tidak aman dikonsumsi anak-anak. Sebenarnya dari sekolah sendiri sudah ada ketentuan snack rekomendasi dan yang tidak diperbolehkan. Sehingga ortu merasa aman aja kalau anak-anak mendapat snack di sekolah, padahal kenyataannya ada juga yg kurang aman dikonsumsi :).

  4. Sejak anak2 masih kecil kami sudah mengajarkan bahaya MSG berlebihan, mk kalau ada makanan spt dari pesta ultah mereka tanya dulu, dan setelah bisa baca kandungan snack, tak mau makan kalau ada MSG

    • pelajaran yang bagus juga untuk anak kecil. Jadi kalau dapat makanan yang mengandung MSG nta itu hadiah dari teman atau apapun tidak boleh dimakan :)…

  5. Nah. Yang saya suka heran, kenapa sih goodie bag anak-anak ulang tahun selalu diisi dengan snack aneka macam rasa yg serba asin. Biasanya ibu2 yg kasih goodie bag itu beli jadi dan kurang perduli dengan isinya. Maaf saja, makanan itu akhirnya saya kasih semua ke mbaknya…
    Kalau saya lebih sering kasih si Vay roti tawar selai kacang, cracker, biskuit oat, biskuit regal, coklat bar (tp tak boleh terlalu banyak), coco crunch dan sesekali astor coklat. Kalau minuman hanya susu UHT saja, belum pernah kasih yang lain. Sesekali perlu juga memang diberi beberapa snack yg ber”rasa” agar lidahnya belajar mengenal macam2 rasas, tapi hanya utk sesekali lah.
    Untuk makanan snacknya, juga kita masak sendiri: seperti makaroni rebus biasa, kentang panggang, kentang goreng, ati ayam atau tempe goreng. Jadi ya cemilannya makanan jug hahahahaa… ga snack2 bertasty gitu… takut juga kalo kebanyakan bumbu….

    • Ya bunda itu banyak juga ortu yang tidak memperhatikan makanan yang berikan pd saat acara ULTA anak-anak. Para ORTU mungkin lebih memilih yang praktis aja tanpa memperhatikan bahaya dari snak2 tersebut.
      terima kash bunda atas masukannya :)…

  6. Kita memang tidak bisa mengontrol asupan makanan apa saja yang dikonsumsi si kecil ketika diluar.

    Pengalaman waktu saya kecil, walau saya sudah dibuatkan bekal, tetap saja jiwa anak2nya keluar kalo melihat teman lain jajan, pasti ikut2an.hehehe

    Kebetulan adik saya juga masih SD. Biasanya jajanan ini nih yang masih di bolehin,
    - arem-arem, lemper, lepet, dan sejenisnya.
    - siomay tapi ga boleh dikasih saos sambal
    - biskuit
    - mending beli es krim daripada es nong-nong atau es yang dijual mamang-mamang *bikin batuk dan pilek
    - susu kedelai, susu bantal, susu kotak

    sisanya nanti saya tanyakan ke ibu saya dulu ya pak, hehehe

    • Iya benar mbak ..Walaupun sudah diedukasi dan diberi pengertian di rumah tapi pas di luar rumah kita tetap gak bisa kontrol..
      Terima kasih ya atas masukan daftar makanannya :) dan tetap ditunggu item makanan dan minuman rekomendasi dari ibunya ya :)..

    • wah bagus itu bu, dengan membikin sendiri cemilan yang sehat untuk anak-anak di rumah, dapat mengurangi keinginan anak-anak untuk jajan di luar :)….

  7. perkenalkan pak aan, saya ika kebetulan sy produksi snack sehat untuk anak-anak dengan konsep sayuran tersembunyi solusi untuk anak yang tidak suka makan sayur, tanpa msg, tanpa pengawet, tanpa pewarna tambahan. jenisnya mie sayuran bisa langsung dimakan spt mie kremes ato dimasak spt mie instan, cookies sayuran, permen sayuran dll. Informasi lengkap sms sy di 081 330 770 901, tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s