Pentingnya Menjaga Kastomer

Hari ini merupakan hari yang cukup istimewa bagi saya, dimana salah satu anggota tim teknis kami harus meninggalkan lokasi proyek untuk mengerjakan tugas barunya di lokasi proyek yang lain.

Sebenarnya ini merupakan hal yang biasa-biasa saja. Mutasi secara berkala terhadap anggota tim teknis yang bertugas untuk memberikan support dan pendampingan terhadap kastomer rutin dilakukan. tapi yang membuat tidak biasa adalah karena acara perpisahan tesebut cukup haru, dimana klient merasa sangat kehilangan dan berat melepas kepergian anggota tim kami. Hal ini mungkin dampak dari support dan services yang telah kami berikan terhadap mereka selama ini.

Kami berusaha membangun komitemen dan kerjasama yang baik, bukan hanya secara institusi melainkan terhadap semua unsur dan unit yang terlibat dalam organisasi klient tersebut. Tidak ada lagi gab antara penyedia jasa dan kastomer. kami berusaha membangun trust dan memahami  apa yang menjadi kebutuhan mereka. Sehingga menghasilkan sinergi yang saling menguntungkan diantara kami.

Menjaga hubungan yang baik dengan kastomer merupakan hal yang harus dilakukan oleh perusahaan, jika tetap ingin mempertahankan kastomer. Ini memang tidak mudah dilakukan karena penyedia jasa dihadapkan oleh beragamnya kebutuhan dan keinginan kastomer, dimana mereka ingin diperlakukan secara khusus dan istimewa. Namun mempertahankan kastomer mutlak dilakukan jika ingin tetap survive di era persaingan yang sangat kompetitif ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s