Budaya Kerja

Beberapa minggu ini saya mengamati budaya kerja di institusi salah satu klient kami. Hampir setiap akhir pekan selalu saja ada orang yang pulang duluan sebelum waktunya pulang. belum lagi ada oknum yang hampir setiap akhir pekan nggak masuk kerja. Padahal dari sisi pekerjaan sama aja. setiap hari load pekerjaan yang dihadapi hampir sama dengan hari-hari biasanya.

Apakah setiap orang sibuk dengan rencana akhir pekannya ..? Apakah ini hanya kebutulan..? yang jelas hampir setiap akhir pekan progress pekerjaan selalu tidak sesuai dengan harapan. apalagi kalau pimpinannya sedang tidak berada di tempat, sudah bisa dipastikan kabur duluan menjadi suatu kewajiban.

Budaya kerja seperti ini cukup mengganggu saya, terutama kalau ada urusan yang sangat urgent, dimana kami harus meeting atau sekedar berkoordinasi dengan tim klient. Alhasil harus tertunda sampai awal pekan.  Mungkin ini adalah hal kecil yang luput dari perhatian mereka.

Bukankah kebiasaan dan perilaku setiap orang di dalam suatu organisasi akan menjadi culture corporate mereka. kalau kebiasaan dan perilaku negatif tersebut dipelihara, maka lambat laun akan berdampak pada budaya kerja yang tidak konstruktif. Demikian pula sebaliknya, Jika suatu organisasi mengimplementasikan aturan atau kebiasaan yang positif, maka perilaku positif tersebut akan menjadi budaya kerja di organisasi terserbut.

Jangan remehkan kebiasaan atau aktivitas yang kita lakukan saat ini, karena itu merupakan cermin dari masa depan kita.  Apa yang sudah kita raih saat ini merupakan akumulasi dari kebiasaan dan aktivitas yang kita lakukan di masa lalu. Jangan Pernah bermimpi untuk menginginkan hasil yang berbeda, selama kita masih tetap melakukan cara dan strategi yang sama untuk mencapainya.

Iklan

2 thoughts on “Budaya Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s