Perencanaan Sistem

Sudah beberapa minggu ini saya berkutat dengan pekerjaan perencanaan suatu sistem di salah satu instansi pemerintah. walaupun sebenarnya instansi tersebut sudah mempunyai konsultan perencanaan di bidang IT sendiri. tetap saja kami dianggap sebagai praktisi sistem diminta untuk memberikan masukan-masukan agar proses perencaan suatu sistem sesuai dengan kebutuhan real organisasi.

Disamping pertimbangan kebutuhan dari sisi teknis, tentu saja sebagai institusi pemerintah yang pendanaannya tidak sefleksibel di instansi swasta harus bisa menyesuaikan kebutuhan sistem dengan alokasi dana yang tersedia di tahun anggaran tersebut. Faktor yang perlu dipertimbangkan juga mengenai kemampuan SDM dalam proses alih teknologi, karena beberapa SDM di pemerintahan, khususnya untuk daerah-daerah tertentu agak sulit mengubah kebiasaan sistem manual menjadi sistem komputerisasi, Sehingga dalam proses design sistem harus mempertimbangkan juga tentang interface yang user friendly.

Perencanaan suatu sistem tidak semata-mata memperioritaskan implementasi teknologi tinggi tapi bagaimana membuat suatu sistem yang  reliable untuk diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan menjadi solusi atas masalah yang dihadapi kastomer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s