Dampak Implementasi Sistem IT

Satu tahun yang lalu, awal-awal implementasi sistem IT di salah satu instansi pemerintah. kami merasakan sulitnya mendapat awareness dan support dari manajemen kastomer. jangankan untuk terlibat memikirkan kebutuhan IT di dalam organisasi tersebut. Membantu mensukseskan implementasi sistem yang sudah dijalankan saja tidak mau.

Semua tanggung jawab implementasi sistem diserahkan sepenuhnya kepada penyedia jasa. padahal sebagai penyedia jasa, tentunya kami hanya bertanggung jawab pada masalah-masalah teknis.

Sistem hanya mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan oleh manajemen. Perubahan business process organisasi yang ditimbulkan karena dampak implementasi sistem, tentu saja membutuhkan kebijakan dan intervensi dari manajemen.

Namun setelah satu tahun proses implementasi, pimpinan di instansi tersebut sudah mulai menyadari,bahwa sistem yang kami kembangkan tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari manajemen. kendala-kendala yang terjadi selama ini bukan masalah sistem aplikasi yang tidak mengakomodir kebutuhan organisasi.

Namun pemanfaatan sistem yang tidak dioptimalkan. dengan adanya sistem IT, tentu saja semua akan menjadi transparan. sementara disatu sisi tidak semua orang menginginkan transparansi karena mereka tidak bisa lagi melakukan penyimpangan-penyimpangan yang menjadi pintu rezeki bagi oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dengan memanfaatkan sistem IT, tentu saja pihak manajemen akan semakin terbantu dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s