Birokrasi Pemeriksaan Pekerjaan

Sudah hampir dua minggu ini kami harus berkutat dengan beberapa dokumen laporan progress pekerjaan. Dokumen laporan ini merupakan salah satu persyaratan administratif untuk kepentingan proses pemeriksaan pekerjaan di salah satu instansi dimana kami mengimplementasikan suatu sistem aplikasi.

Hanya untuk proses pemeriksaan pekerjaan ternyata tidak hanya berdasarkan laporan dari konsultan pengawas. Namun masih ada tim yang ditunjuk oleh pemda setempat untuk melakukan proses pemeriksaan pekerjaan. Bukan masalah pemeriksaan yang kami khawatirkan, tapi masalah birokrasi yang berbelit-belit dan juga memakan waktu yang panjang.

Secara teknis pekerjaan, dengan keberadaan konsultan pengawas pekerjaan sudah cukup membantu instansi tersebut dalam melakukan pengawasan dan audit terhadap hasil pekerjaan penyedia barang/jasa.

Birokrasi yang panjang ternyata masih menjadi budaya yang belum bisa lepas di institusi pemerintah.
Bagaimana mungkin kita bisa bersaing dengan industri dan gempuran produk luar negeri..? kalau kita masih memelihara budaya yang tidak menguntungkan kalangan industri dalam negeri.
Seharusnya industri dalam negeri diberikan kemudahan dan bantuan yang memadai agar tetap bisa survive,bukan malah sebaliknya dipersulit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s