Menjaga Loyalitas Customer

Baru saja saya mendapat informasi dari mitra kerja yang menangani project Infrastuktur IT di salah satu customer kami. Mereka mendapat complaint dari customer terkait dengan salah satu produk yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Setelah dicoba dengan fasilitas on call service selama beberapa bulan tetap saja belum bisa berfungsi dengan baik.

Karena belum bisa ditangani dengan on call service, pihak customer meminta agar mitra kerja kami datang langsung ke lokasi. Mitra kerja kami merasa keberatan karena harus mengeluarkan biaya ekstra atas service tersebut.

Mengenai adanya cost tambahan, itu merupakan konsekuensi dari sebuah bisnis. Kita tidak boleh membagi resiko tersebut ke customer. Mereka berhak mendapatkan produk tentunya dengan kualitas yang baik.

Kita tidak boleh mengurangi kualitas services ke customer hanya karena adanya biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Karena hal ini bisa mengurangi trust dan loyalitas customer terhadap produk maupun perusahaan kita. Masalah cacat produk sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia produk.

Menjaga loyalitas customer harus selalu dilakukan, kalau kita tidak ingin kehilangan customer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s