Kembalinya Founder Perusahaan

Banyak dari founder perusahaan raksasa yang telah menyerahkan kepemimpinannya kepada eksekutifnya, Namun mereka kembali memegang operasional perusahaan atau sebagai CEO di perusahaan yang mereka dirikan. Misalnya saja perusahaan Apple yang menunjuk kembali Steve Jobs sebagai CEO, Michael Dell kembali menempati posisi CEO di Dell Inc yang belum lama ditinggalkan, dan baru-baru ini Larry Page kembali menjadi CEO Google setelah 10 tahun dipegang oleh Eric Schmidt.

Kenapa para founder-founder perusahaan raksasa tersebut kembali memegang operasional perusahaan? Apakah motivasinya semata-mata karena uang atau jabatan? Kalau memang itu alasannya kenapa dari awal mereka mau menyerahkan kepemimpinannya kepada para profesional..?

Salah satu alasan utama mereka tentu saja ingin mempertahankan perusahaan agar tetap survive dan berkembang sesuai dengan visi awal perusahaan tersebut didirikan. Karena para founderlah yang paling tau tujuan pendirian perusahaan tersebut. Para founder cenderung selalu menjaga semangat dan budaya perusahaan layaknya sebuah perusahaan start-up. Kharisma kepemimpinan founder menjadi energi tersendiri bagi para stakeholders.

Apakah anda bersedia menyerahkan kepemimpinan perusahaan anda kepada para profesional seperti yang dilakukan oleh beberapa perusahaan raksasa di luar sana.? Mereka bersedia membuang egonya sebagai pemilik perusahaan untuk diserahkan kepada para eksekutifnya demi kepentingan perusahaan.

Tapi kenapa sebagian besar pemimpin di negeri ini masih tetap mempertahankan kepemimpinannya demi kekuasaan, walaupun rakyat tidak lagi menghendakinya.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s