Diversifikasi produk

Untuk periode tahun berjalan, biasanya perusahaan sudah menentukan produk yang akan dipasarkan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ada permintaan pasar akan produk tertentu selain produk yang sudah disiapkan. Sebagai produsen produk, tentu saja peluang ini harus disikapi dengan bijak. Kita tidak boleh terjebak dengan idealisme perusahaan, jika hanya memasarkan produk yang sudah ditentukan sebelumnya dan mengabaikan kebutuhan akan pasar.

Dalam melakukan diversifikasi produk, tentu saja perusahaan harus mengalokasikan investasi dan resource tertentu dalam melakukan pengembangan dan memasarkan produk tersebut. Namun inilah tantangan yang harus direspon dengan baik.

Walaupun kita sudah membuat perencanaan yang matang dan detil, tapi kita dituntut untuk selalu terbuka dan dinamis terhadap perubahan yang terjadi. Bukankah perubahan itulah yang tetap kekal.?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s