Pentingnya Soft Skill?

Belum lama ini saya melakukan interview terakhir terhadap calon karyawan perusahaan. Peserta yang lolos interview adalah mereka yang telah memiliki kemampuan teknis sesuai dengan yang dipersyaratkan perusahaan. Namun dari sekian banyak peserta yang lolos interview hanya sedikit sekali yang berani menerima tantangan dalam pekerjaan.

Mungkin karena di bangku kuliah mahasiswa hanya diajarkan bagaimana meningkatkan keterampilan teknis. Kebanyakan lulusan perguruan tinggi hanya fokus pada keterampilan teknis dan mengabaikan kemampuan soft skill. Padahal di dunia kerja tidak cukup hanya dengan mengandalkan keterampilan teknis semata. Kemampuan soft skill seperti kemampuan bernegosiasi (komunikasi), attitude leadership, sikap mental positif dan berani menerima tantangan dalam pekerjaan,dll merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang karir seseorang.

Banyak dari lulusan perguruan tinggi yang kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka, tapi disisi lain perusahaan juga tidak mudah mendapatkan karyawan yang memiliki keterampilan teknis sekaligus kemampuan soft skill yang memadai.

Iklan

8 thoughts on “Pentingnya Soft Skill?

  1. Mas Aan HRD ya? hayooo.. Kalau bukan ga apa2 kok. nebak aja. hehehe :ga penting:

    Kayanya yang terakhir itu yang paling ngena Mas. Siap menerima tantangan.

    Saya pernah denger cerita dari sahabat saya saat dia interview di salah satu perusahaan. Dia sudah lolos tahap tes awal, pas wawancara itu dia dikasih tahu kalo ntar dia bakal sering ke luar kota bahkan ke luar pulau. Yaah..ternyata malah ga di ambil.

    • kebutulan bukan mbak 🙂 ..di dunia kerja penuh dengan tantangan dan perubahan maka diperlukan sikap mental posisif utk bisa menyesuaikan dg perubahan tsb.

    • itu salah satunya 🙂

      soft skill meliputi : Integritas diri, Inisiatif, Kemauan,Komitmen,Motivasi,Kreativitas,Negosiasi (Komunikasi),Berfikir kritis,Mandiri,dan Disiplin.

  2. soft skill memang penting banget.. tapi kalau saya, selalu berdoa biar gak jadi karyawan.. hehehe.. sayang kalau punya softskill kerjanya di perusahaan milik orang laen.. hihihi..

  3. Bagi yg sudah bisa..menjadi entrepreneur adalah pilihan yg paling mulia.dan bagi yg masih ngikut org silakan mencari ilmu sebnyak2nya utk bekal anda menjadi entrepreneur dan syukur2 juga anda bisa dishare saham oleh perusahaan tempat anda bekerja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s