Implementasi IT Siapa Takut?

Kemarin kami diminta memberikan presentasi tentang Sistem Informasi Manajemen di salah satu organisasi. Karena proses implementasi suatu sistem pasti melibatkan user, maka dalam beberapa kesempatan sosialisasi atau presentasi, pimpinan organisasi selalu melibatkan user disamping tim IT dan Manajemen.

Manajemen dan tim IT selalu memberikan ekspektasi yang besar dengan implementasi sistem IT. Dengan implementasi sistem IT diharapkan dapat meningkatkan daya saing suatu organisasi. Namun sayangnya respon beberapa user selalu merasa terisolasi dengan penerapan sistem IT. User menganggap dengan implementasi suatu sistem, maka posisi dia sebagai karyawan dalam suatu organisasi terancam. Karena beberapa pekerjaan sudah bisa tergantikan oleh sistem.

Padahal pada kenyataannya tidak demikian, karena secanggih apapun sistemnya pasti membutuhkan brainware ntuk menjalankan sistem tersebut. Walaupun tidak dipungkiri bahwa dengan implementasi sistem IT ada beberapa business process yang mengalami perubahan. Ada kemungkinan prosesnya lebih panjang dan ada juga yang lebih simpel. Sangat tergantung dari besar kecilnya suatu organisasi.

So, Kenapa harus takut dengan implementasi sistem IT?

10 thoughts on “Implementasi IT Siapa Takut?

  1. iya mas sekarang ini konsep manual sudah harus banyak digantikan oleh berjalannya sistem dalam sebuah organisasi dalam apapun bentuknya.. mungkin user dalam hal ini karyawan masih ragu untuk menjalankan sistem karena kurangnya pemahaman terhadap sistem itu sendiri. mungkin dengan adanya pelatihan dan implementasi real dalam lingkup organisasi menjadikan semua pihak sadar akan pentingnya sebuah sistem di dalam organisasi tersebut..

  2. wah cucok banget nih. kalo ada yang lebih ringkes dan cepet dari manual, kenapa ga milih implementasi IT. saya lagi belajar IT untuk lab kesehatan. Sekarang ga perlu lama untuk mengetahui hasil lab, misalnya saja trombosit. ga nyampe 10 menit udah jadi deh.
    Lanjutkan!!
    hehehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s