Kustomisasi Software

Di pasaran kita masih menemukan produk software (aplikasi) tanpa disertai layanan kustomisasi. Penyedia produk atau produsen hanya menyediakan produk dengan fitur tertentu. Customer tidak mendapatkan services untuk melakukan penambahan atau penyesuaian fitur sesuai dengan kebutuhan. Karena bersifat mass production tentu saja harganya relatif lebih murah.

Untuk beberapa produk software yang marketnya personal tidak menjadi masalah, karena tuntutan kustomisasinya tidak begitu besar. Berbeda halnya dengan produk software untuk perusahaan atau organisasi yang tingkat kompleksitasnya sangat tinggi. Dimana masing-masing perusahaan atau organisasi memiliki business process dan corporate culture yang berbeda-beda. Walaupun perusahaan tersebut memiliki core bisnis yang sama.

Bisakah produsen membuat mass production untuk software corporate tanpa disertai layanan kustomisasi? Perusahan software raksasa sekelas  SAP pun tetap menyediakan layanan kustomisasi terhadap produknya. Karena dari beberapa fitur produk yang sudah disediakan tetap ada kebutuhan dari customer untuk melakukan penyesuaian sistem. Padahal SAP sendiri sudah malang melintang di dunia software bisnis lebih dari 30 tahun dan memiliki lebih dari 109.000 customer di seluruh dunia.

Dengan adanya layanan kustomisasi software,customer lebih yakin akan keberhasilan implementasi suatu produk software. Keberhasilan implementasi software tidak hanya dilihat dari banyaknya customer dan pengalaman implementasi semata, tapi yang tidak kalah penting adalah software tersebut harus applicable sesuai dengan karakteristik customer.

Iklan

26 thoughts on “Kustomisasi Software

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Aan…

    Setelah membaca tulisaan Aan tentang software, memberi gambaran kepada saya bahawa saya masih banyak belum mengetahui kepentingan software dan keprluannya kepada pengguna. Sekurangnya informasi ini mendedahkan saya kepada ilmu baru tentang IT.

    Terima kasih dan salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  2. mmm memang untuk perusahaan skala besar kostumisasi sistem sangat diperlukan melihat kompleksitas masalah yang pastinya berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya. dan kalau kita membeli software jadi biasanya memang software tersebut sudah paten dan jarang banget yang bisa kita kostumisasi semau kita, kecuali kita memesan sebuah software pada sebuah software house yang dimana kita mempunyai wewenang penuh tentang apa yang akan kita perlukan dalam software tersebut. memang biayanya akan mahal karena sifatnya personal tapi dengan kekhususan ini akan menjadikan kebutuhan perusahaan akan terpenuhi dengan tersedianya feature2 yang akan bersifat membantu dalam proses berjalannya software tersebut dalam berbagai pekerjaan kita nantinya..
    sok tau ya saya.. hehe maklum sy juga lulusan informatika sedikit2 tau lah hehehe

    • Biasanya penyedia software yg kompeten mempunyai layanan utk melakukan kustomisasi..
      Kustomisasi itu biasanya dimungkinkan selama tidak mengganggu atau mengubah proses bisnis software tersebut.misalnya penyesuaian laporan2 sesuai dengan kebutuhan customer.

  3. Yang penting custumer bisa puas..
    harapan mereka pastinya itu,kalau ada yang kurang,mungkin akan ada pelayanan yang akan mereka kembangkan di kemudian hari,atau paket tertentu lainnya..

  4. customized software barangkali juga dipertimbangkan sebagai salah satu tool untuk meningkatkan daya saing dari suatu corporate, jadi perbedaan penanganan menyelesaikan masalah itulah seringkali andalan untuk dijual, cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s