Customer Butuh Solusi

Kemarin saya melakukan diskusi dengan manajemen di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang layanan publik di kota solo. Perusahaan tersebut sudah mengimplementasikan sistem kurang lebih 5 tahun. Seiring dengan perkembangan organisasi di internal perusahaan, sistem yang sudah diimplementasikan mengalami masalah loading data yang lambat sehingga sangat mengganggu aktivitas perusahaan.

Dengan adanya masalah tersebut, manajemen perusahaan meminta kepada penyedia jasa untuk memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Setelah melakukan pengkajian teknis, penyedia jasa memberikan rekomendasi kepada perusahaan agar mengganti infrastuktur atau hardware yang ada dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Sialnya setelah semua rekomendasi dari penyedia jasa dipenuhi, namun sistem tetap mengalami masalah yang sama tanpa ada perubahan. Padahal biaya yang dikeluarkan untuk mengganti  infrastruktur cukup besar. Akhirnya perusahaan tersebut dengan terpaksa harus mengganti sistem yang ada dengan sistem yang baru. Karena permasalahan sebenarnya ternyata bukan pada infrastruktur tapi pada design sistem itu sendiri.

Kasus diatas merupakan salah satu contoh bagaimana pentingnya memberikan solusi yang tepat kepada customer sesuai dengan masalah yang mereka hadapi. Jangan pernah memberikan rekomendasi tertentu jika tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Iklan

14 thoughts on “Customer Butuh Solusi

    • yup benar …setelah dilakukan pengkajian teknis oleh pihak ke-3 ternyata masalahnya pd desain database dan aplikasinya…

  1. wah sayang juga ya mas.. itulah pentingnya analisa terhadap suatu sistem.. terkadang solusi yang kurang tepat bukannya memberikan jalan keluar dari masalah, malah menambah masalah baru yang sebenarnya tidak perlu..apalagi sampai mengeluarkan biaya yang besar padahal dengan analisa sistem yang baik.. kasus seperti itu gak akan terjadi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s