Ketika Customer Complaint

Complaint dari customer merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh perusahaan. Complaint customer memang konotasinya tidak selalu negatif. Dengan adanya complaint berarti customer care dengan produk atau layanan perusahaan. Β Namun jangan menganggap remeh masalah complaint customer karena bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Jika perusahaan membiarkan complaint itu terjadi dan tidak meresponnya dengan baik, maka customer minimal tidak lagi trust dengan produk atau layananan perusahaan tersebut, dan yang paling parah kalau customer menyampaikan kekecewaannya kepada orang lain. Apalagi kalau sampai dipublish ke media seperti kasus prita mulyasari.

Saking pentingnya masalah complaint customer, beberapa perusahaan besar biasanya sudah memiliki manajer complaint customer. Yang mana bertanggung jawab untuk memantau,Β memahamiΒ dan berusaha untuk mengurangi jumlah complaint dari customer. Jika perusahaan tetap ingin mempertahankan loyalitas customer, selayaknya masalah complaint customer dijadikan tools untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanannya. Bukan malah sebaliknya dengan penempatkan customer sebagai pihak yang selalu disalahkan.

Bagaimana dengan anda ? Pernahkah anda complaint terhadap produk tertentu dan tidak mendapat respon?

Iklan

18 thoughts on “Ketika Customer Complaint

  1. Saya pernah komplain ke salah satu penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia πŸ˜€
    1..2…3x komplain saya gak dihiraukan, saya pun langsung komplain dengan trik yang lain.
    Saya komplain dengan gaya bahasa yang sedikit hiperbola sambil marah2 πŸ˜€
    Eh..berhasil ternyata πŸ˜†

  2. Jika dikaitkan dengan komplain costumer pada suatu produk, itu adalah masalah kepercayaan. Jika produsen ataupun penyedia jasa harus merespon dengan baik komplain dari pelanggan sebab komplain itu adalah sebuah koreksi untuk sebuah perbaikan. prinsipnya adalah, membangun kepercayaan itu sulit tetapi merusaknya butuh waktu hanya 1 menit

  3. kalau costumer complaint, artinya dia masih menaruh harapan pada suatu produk, kalau tidak complain, jangan jangan mereka langsung meninggalkan produk itu πŸ˜€

  4. hal sepele yang sepertinya sangat mudah utk tdk diambil tindakan.. tapi beberapa teman mengatakan , jika ada CS seperti itu, mereka memang sengaja untuk menahan semua complaint, mereka simpan datanya lalu jika sudah memenuhi harapan mereka (entah apa ukurannya) mereka bisa ajukan ke Bank guna mengajukan pinjaman dsb dll.. entahlah 😦

  5. saya juga pengen komplain tapi tak pernah tersampaikan dan hanya kesel di hati saja. terutama layanan seluler di Indonesia yang gembar – gembor mereka yang terbaik tetapi layanan kurang memuaskan misal SMS dipending, jaringan suka hilang padahal di kota, dsb.
    Mau pindah ke lain hati kayaknya sama saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s