Birokrasi di Internal Perusahaan

Pada awal-awal berdirinya perusahaan atau perusahaan yang statusnya masih start-up birokrasinya cenderung lebih lincah. Sehingga pengambilan keputusan relatif lebih cepat karena tidak melalui birokrasi yang panjang. Dan cross functional team relatif masih berjalan dengan efektif karena belum terlalu banyak divisi dan karyawan. Namun seiring dengan kemajuan perusahaan dan bertambahnya jumlah karyawan,  pengambilan keputusan mulai lamban dan tidak efektif disebabkan karena banyaknya birokrasi di internal perusahaan.

Beberapa perusahaan besar pun sudah mulai melakukan reorganisasi terhadap perusahaannya, seperti yang dilakukan raksasa Google baru-baru ini. Dengan kembalinya Larry Page menjadi pucuk pimpinan Google yang sejak 10 tahun dijabat oleh Eric Schmidt.  CEO baru Google ini langsung melakukan gebrakan dengan memangkas beberapa posisi penting di internal Google. Larry Page sendiri adalah salah seorang pendiri Google dan pernah menjabat sebagai CEO selama 3 tahun pada saat awal-awal Google didirikan.Yang menarik adalah Larry Page membiarkan bagian atau divisi yang ada untuk membuat keputusan secara independen tanpa diintervensi oleh CEO, tujuannya agar bagian tersebut lebih cepat dalam proses pengambilan keputusan. Larry Page sendiri ingin mengelolah Google dengan lincah dan dengan jiwa dan gairah sebuah perusahaan start-up.

Apa yang dilakukan oleh Google bisa dijadikan pelajaran, bahwa birokrasi yang gemuk dapat mengganggu percepatan pertumbuhan suatu perusahaan. Jangan memelihara corporate culture yang terlalu birokratis dan kaku, agar perusahaan bisa lebih fleksibel dalam menyikapi perubahan yang ada.

Bagaimana dengan perusahaan atau organisasi anda ..?

Iklan

26 thoughts on “Birokrasi di Internal Perusahaan

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, AanSubhan…

    Sangat bener apa yang dibicarakan tentang birokrasi ini. Terlalu banyak karenah birokrasi bisa melambatkan segala urusan yang sepatutnya diurus dengan segera. Saya fikir, kebanyakan perusahaan mengalami hal yang sama. Cuma mungkin bedanya kurus atau gemuknya pengisian dalam urusan birokrasi yang dijalankan.

    Kita harus mengambil cara beberapa ahli korporat yang berfikiran terbuka seperti Larry Page di atas. Kejayaan sesuatu perusahaan atau organisasi itu bergantung kepada pimpinan yang menerajui. Kepercayaan dan yakin dengan potensi orang lain dalam menguruskan kerjanya memberi impak besar kepada kejayaan perusahaan.

    Mudahan kita semua mendapat contoh yang baik dan open minded dalam menghasilkan kerja yang berlkualitas tinggi.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. 😀

  2. Waah saya ndak punya perusahaan..
    Juga ndak kerja di perusahaan manapun…
    Dan sbg org awam, kalau mengurus ini itu di layanan pemerintah..
    Yah, memang birokrasi bikin ribet…
    Aah saya ndak ngerti.. Hehehe…

    • Ya pemerintah identik dg birokrasi yg ribet 🙂 tp smg ke depan ada yg lebih cepat dalam memberikan pelayanan..#ngarep#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s