Layanan diluar Ekspektasi Customer

Hari minggu kemarin saya menservice kendaraan di salah satu dealer terkenal di Jogjakarta. Mungkin karena hari libur antrian para pemilik kendaraan lumayan banyak. Setelah 1 jam menunggu antrian, saya didatangi oleh salah seorang staf dealer. Petugas tersebut memberikan informasi bahwa antrian kendaraan yang diservice pada hari itu sangat banyak, sementara sebagian tenaga teknisi mereka libur pada hari minggu. Sehingga  jumlah kendaraan yang bisa ditangani lebih sedikit dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Dengan kondisi tersebut pihak dealer menawarkan solusi agar kendaraan saya ditinggal saja di dealer dan mereka menyiapkan kendaraan Emergency yang bisa dibawa pulang. Yang artinya customer tidak perlu repot-repot untuk minta jemputan orang rumah atau naik kendaraan umum untuk pulang.

Layanan yang diberikan pihak dealer ini benar-benar di luar ekspekstasi saya sebagai customer. Padahal paket service kendaraan tersebut sudah include dengan softdrink, akses internet, dan layanan cuci kendaraan gratis. Ditengah persaingan yang semakin ketat, Para penyedia produk / jasa dituntut tidak hanya menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan customer tapi juga memikirkan layanan diluar ekspektasi customer untuk menjaga loyalitas customer.

Bagaimana dengan pengalaman teman-teman?

32 thoughts on “Layanan diluar Ekspektasi Customer

  1. wuihhh hebat amat tuh???
    modalnya gede banget buka usaha yg seperti itu
    apalagi klo semua pelanggan mendapatkan pelayanan yang sama ckckck
    benar2 memuaskan ya servicenya, dan klo begitu, mana kepikiran untuk pindah ke lain hati ya🙂

    • Sebenarnya saya termasuk pelanggan baru di dealer ini. Saya kebutulan mendapat rekomendasi dari teman kantor jadi saya coba aja dan sejauh ini saya puas dengan layanan yang diberikan. Untuk sementara belum mau ke lain hati🙂

    • Di tengah sulitnya customer mendapatkan produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan janji penyedia produk barang/jasa, Maka layanan yang seperti ini menjadi sesuatu yang luar biasa karena sudah lebih dari ekspektasi customer.

    • Dengan layanan yang berkualitas merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh penyedia produk barang/jasa agar customer tidak pindah ke lain hati🙂

  2. iya memang sich semakin banyak saingan… mereka para dealer past iberlomba2 untuk mempertahankan konsumen-nya supaya gak lari… tapi jarang lhoooo layanan yang spesial gitu🙄

    • iya memang sekarang semakin banyak saingan, khususnya di kota-kota besar dealer semakin mudah dijumpai . Sehingga customer semakin diuntungkan karena jika mereka tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh dealer yang satu mereka dengan cepat pindah ke dealer yang lain. Untuk menjaga loyalitas customer itulah mereka menciptakan layanan2 yang unik yang bisa memikat hati customer agar tidak ke lain hati🙂..

    • wah bisa juga nich …motor yang dipinjamin dealer dipakai untuk cari obyekan dan hasilnya untuk membayar biaya service :)…..

  3. ada yang maen di harga. harga sparepart dan service bisa dapet lebih murah dari tempat lain. tapi ada juga yang main di pelayanan ini. Semuanya memang tergantung konsumen lebih prefer yang mana😀

    • Kalau saya liat sich harga service dan spartpart untuk di dealer-dealer besar harganya sama. Yang berbeda hanya pada pelayanan dan kualitas service….

  4. Di kota besar suda menerapkan sistem seperti ini ya? kalau di kota kecil tempat saya tinggal (Mataram) belum ada service memuaskan seperti ini. Semoga dalam waktu dekat tersedia.

    • amiin…customer semakin diuntungkan jika pilihannya semakin banyak, jika mereka tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh dealer yang satu mereka dengan cepat pindah ke dealer yang lain. Untuk menjaga loyalitas customer itulah para dealer berlomba-lomba menciptakan layanan2 yang unik yang bisa memikat hati customer agar tidak ke lain hati ..

    • Yup..gpp layanan yang berlebihan yang penting tidak merugikan customer. misalnya minta diparkirin eh malah ganti cat mobil ama cat tembok🙂

  5. servis ok untuk menarik langganan setia,

    tapi ada cerita lucu, ketika suami mau cuci kendaraan di tempat yang baru pertama kali didatangi
    si ibu yang punya dengan semangat menegur

    “apa kabar pak …sudah lama nggak ke sini ya…” dengan hebohnya he..he… sksd banget…

  6. ini namanya real business, mereka mencari loyal customer dan berbharap si loyal customer akan bercerita kepada orang lain…istilah di marketingnya Word of Mouth *kalau ga salah lho…*

    • Jika kita menemukan atau kebutulan punya pengalaman yang baik terhadap layanan produk tertentu, maka sudah sewajarnya kalau kita memberikan informasi tsb kepada teman atau kenalan. Jangan cuman layanan yang buruk saja yang di publish ke orang lain :)….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s