Komitmen Kerjasama

Setahun yang lalu saya bertemu dengan owner perusahaan dari luar daerah yang mengajukan kerjasama atau kemitraan dalam melakukan pemasaran produk kami di daerahnya. Selama ini kami memang mempunyai beberapa mitra kerja yang tersebar di beberapa daerah yang membantu dalam proses penjualan atau dalam rangka share project untuk item pekerjaan yang bukan core bisnis kami. Perusahaan lokal ini mengajukan kemitraan yang istimewa menurut kami karena selama ini kami tidak pernah melakukan kerjasama seperti yang mereka ajukan. Setelah dilakukan beberapa kali negosiasi akhirnya kami pun menyetujui model kerjasama tersebut. Dengan pertimbangan bahwa mereka mempunyai jaringan distribusi dan relasi yang cukup banyak di daerahnya.

Namun setelah satu tahun kemitraan berjalan, sampai sekarang belum memberikan progress sesuai dengan kesepakatan yang mereka janjikan. Setelah dievaluasi ternyata mereka sudah tidak lagi konsent di bisnis tersebut. Namun yang disayangkan mereka tidak mau terbuka dengan kami selaku mitra kerjanya. Dan tetap bersikukuh bahwa mereka sudah menjalankan kewajibannya dengan baik. Kami tidak terlalu mempermasalahkan mengenai eksistensi atau besarnya perusahaan tersebut, tapi kami cukup melihat bagaimana komitmen dan pencapaian yang sudah dihasilkan selama ini.

Jika komitmen dengan mitra kerja saja dengan mudah diabaikan, bagaimana mungkin bisa menjaga dan memenuhi komitmennya dengan para customer?

16 thoughts on “Komitmen Kerjasama

  1. komitmen memang harus ada dalam menjalin sbuah hubungan pak, apalagi bila hubungan itu menyangkut hal2 yang mempertaruhkan sebuah kepercayaan.
    bila ingin hubungannya baik2 saja, ya harus2 benar2 bertanggung jawab terhadap apa yang jadi komitmen diantara yang terlibat

  2. artinya beesok besok mesti lebih selektif dalam memilih mitra kerja, heehe

    kemudian apakah kemitraan dengan perusahaan lokal ini perlu dilanjutkan?

  3. Saleum,
    wah… jika komitment telah diabaikan, tentunya berdampak negatif dong terhadap customer. Dalam kerjasama memang sangat diperlukan komitment yg jelas dan disepakati oleh kedua pihak yg berbusnis.

    saleum dmilano

    • Tentunya tidak bisa lagi dipertahankan model kerjasama seperti semula🙂. Alhamdulillah kabar baik mbak

      Salam dari Jogja …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s