Minggu kemarin kami mengadakan pertemuan dengan salah satu perusahaan milik pemerintah. Pertemuan ini diselenggarakan oleh institusi dimana kami telah mengimplementasikan suatu sistem. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka mencari solusi atas berjalannya double system di institusi tersebut. Sejauh ini implementasi sistem kami sudah berjalan cukup baik. Namun untuk kepentingan proses verifikasi data dengan perusahaan pelat merah tersebut, customer masih harus menggunakan sistem manual. Hal ini terjadi karena masing-masing pihak menjalankan sistemnya sendiri-sendiri. Sementara jumlah data yang harus diverifikasi dengan perusahaan tersebut berkisar Β 20-30%. Sebenarnya upaya untuk menjalin kerjasama sudah pernah dilakukan, baik atas inisiatif Β kami sendiri maupun oleh institusi dimana sistem kami diimplementasikan. Namun selalu tidak mendapat respon yang positif, malah terkesan menghindar dengan berbagai alasan.
Mengingat kebutuhan integrasi sistem yang sangat mendesak dilakukan di internal customer. Maka pihak customer berusaha mempertemukan dua kepentingan yang selama ini sangat Β sulit untuk disatukan. Dengan sikap tegas customer, akhirnya perusahaan tersebut bersedia bersinergi dengan kami sebagai penyedia sistem dalam upaya menyediakan data sesuai dengan kepentingan customer. Dengan adanya sinergi ini semua pihak pasti diuntungkan khususnya customer.
Kalau bisa bersinergi kenapa harus sendiri-sendiri :)?
memang memuaskan customer yg di sini dianggap raja itu sgt penting ya salah satunya dgn bersinergi π
Bersinergi untuk kepentingan customer sangat penting dilakukan π selama tidak merugikan pihak2 tertentu…
kalau sinergi membuat hasil yang besar mengapa sendiri itu memang pertanyaannya
mungkin disisi lain ada yang mengatakan kalau bisa sepi sendiri dan meratapi kelemahan dan tidak ketahuan kenapa rame-rame?
ah dunia yang penuh presepsi…. π
Dalam dunia bisnis sinergi menjadi kekuatan untuk memaksimalkan kepentingan customer π
dalam dunia politik sinergi bisa meningkatkan kemampuan negara atau menghancurkannya…
tergantung pimpinan dalam proses sinergi itu mengarah pada visi yang benar atau ada kemunafikan….
(soktau hehe)
Yup, bener banget, sinergi antar instansi / badan usaha emang sangat diperlukan.
Kalau emang gak bisa berjalan sendirian, ya sama2 dong π
Toh demi kebaikan bersama juga π
Dengan bersinergi kita dapat menghemat resource :)…
kitA JUga bisa bersinergi
kenapa tidak ?
Manggut2 aja…
ya mungkin pengennya dapat untung yang gede jadinya semua dipegang sendiri walau nanti kewalahan..
bisa jadi …tidak mau berbagi kue dengan yang lain :)…
keren mas, perusahaan anda bagus dalam menyelesaikan masalah interoperability ini, biasanya corporate lain kan suka gengsi diajak menyelesaikan masalah seperti ini.
jadi ingat sejarah tcp/ip dimana sebelum disepakati tcp/ip masing2 corporate menggunakan ketertutupan system nya untuk menjaga pasar mereka π
Perusahaan akan sangat sulit berlari kencang sesuai dengan kebutuhan dan trend pasar jika hanya mengandalkan resource internalnya untuk mengerjakan semua lini bisnis dari hulu sampai hilir. Padahal disatu sisi customer semakin cerdas sehingga tuntutannya pun semakin kompleks β¦
bersinergi lebih baik
yup…kalau bisa bersinergi kenapa harus menjauh :)…
OOT : selamat berakhir pekan ya π
thanks mbak ely
sama sama …
sudah lama ya belum ada tulisan baru π
Bersinergi, bekerja sama, saling pengertian, saling memahami satu sama lain, dan bersama komit akan tujuan utama, alangkah indahnya
Yup AKi Eman..bersinergi dan komit dengan tujuan bersama memang sangat indah…
luar biasa
terima kasih atas kunjungannya π