Saldo Berkurang Uang Tidak Keluar

Pada tanggal 1 januari kemarin istri saya mengambil uang di salah satu ATM BRI. Setelah melakukan transaksi penarikan tunai ternyata uangnya tidak keluar. Nampaknya ATM tersebut sedang bermasalah. Setelah istri keluar dari ATM beberapa orang yang mungkin niatnya juga melakukan transaksi tarik tunai juga memberikan informasi kalau transaksinya tidak berhasil. Maka saya meminta istri agar pindah saja ke ATM BCA yang jaraknya hanya beberapa meter dari ATM tersebut. Proses penarikan tunai berjalan dengan lancar. Namun setelah melihat saldo yang tertera di struk penarikan ternyata sudah berkurang sebesar nominal penarikan di ATM BRI tadi. Karena tidak percaya dengan saldo yang tertera di struk penarikan saya minta istri agar melakukan pengecekan saldo ulang ternyata nominalnya sama persis dengan saldo yang terdapat di struk.

Kebutulan saja baru beberapa hari yang lalu saya melakukan transaksi ke account tersebut sehingga saya tau persis saldonya. Kalau saja saya tidak meminta struk ke istri mungkin kami tidak tahu kalau penarikan di ATM BRI tersebut mengurangi saldo di rekening. setelah itu saya langsung menghubungi call center bank dimana kami membuka rekening. Berdasarkan informasi dari petugas call center bahwa pihak bank membutuhkan waktu paling lambat 14 hari kerja untuk mengembalikan dana ke rekening kami. Alasannya pihak bank masih harus melakukan konfirmasi ke bank BRI selaku pemilik mesin ATM karena kami melakukan transaksi bukan di ATM bank tempat kami membuka rekening. Kalau sampai 14 hari kerja belum ada informasi, kami diminta untuk menghubungi bank yang bersangkutan. Sampai hari ini saya belum mendapat informasi dari pihak bank tapi saya tidak boleh complaint dulu sebelum 14 hari kerja :).

Jadi kalau melakukan transaksi penarikan tunai di mesin ATM sebaiknya kita melakukan cek saldo terlebih dahulu. Agar kita tau jumlah saldo yang ada di rekening. Dengan begitu kita bisa complaint jika terjadi pengurangan saldo otomatis seperti kasus yang saya alami. Kalau kita tidak complaint pihak bank tidak serta merta mengembalikan dana nasabah walaupun kesalahan sepenuhnya di pihak mereka.

Bagaimana pendapat teman-teman? adakah yang punya pengalaman serupa ?

Iklan

125 thoughts on “Saldo Berkurang Uang Tidak Keluar

      • kalo saya ..pengambilan uang tgl 25 april 700rb ..tapi di struk nya 800
        trus pas di print buku tabungan saya tgl 27 april 500rb dan 1jt pada tgl yg sama ..
        padahal waktu tgl 27 saya di rumah ..gak kemana2 ..

  1. beberapa waktu lalu saya sebel dengan atm BNI yang bermasalah selama beberapa hari, padahal uang sudah habis dan sedang butuh uang tunai 😦

    • benar kita harus slalu waspada. Tinggal bagaimana perbankan bisa meningkatkan kepercayaan customer dengan penyediakan layanan yang tidak merugikan nasabah…

  2. saya sedang mengalami seperti yang sedang dialami mas aan, saya pengguna ATM Bank Syariah Mandiri, pada 9 Januari 2012 saya melakukan penarikan di ATM mandiri, namun ketika transaksi proses, tiba2 keluar notifikasi transaksi terakhir anda gagal, lalu saya coba pindah ke atm di t4 lain yg juga Bank Mandiri, ketika saya melakukan transaksi keluar bahwa saldo tidak cukup, setelah saya cek,ternyata saldo saya berkurang ketika melakukan transaksi di ATM pertama dan transaksi tersebut gagal. Lalu saya laporkan kejadian ini ke Bank Syariah Mandiri Pusat di Semarang, namun sampai detik ini saya belum mendapat konfirmasi lagi tentang kondisi saldo saya. HUh,,tidak menutup kemungkinan Bank Syariah juga bisa bikin kecewa nasabahnya

    • Dari awal saya masih memaklumi karena setiap bank tentu saja mempunyai prosedur tentang penanganan atas complaint nasabahnya. Namun saya menjadi sangat kecewa ketika dalam waktu yang dijanjikan selama 14 hari kerja namun nasib saldo saya masih belum jelas. Ketika saya meminta kepastian mengenai waktunya mereka tidak bisa menentukan..Ini kan sangat aneh masa’ sekelas bank tidak bisa menentukan waktu penyelesaian complaint nasabahnya..

      tetapi tetap harus berjuang jangan putus asa :)…

  3. Istri saya jg saat ini sedang mengalami hal yang sama pada tanggal 28 Desember 2011, saat itu istri saya tarik tunai di atm BRI dengan menggunakan kartu atm BRI Syariah, setelah cukup lama saya dan istri menunggu uang itu keluar dari mesin atm BRI ternyata muncul tampilan dilayar “Transaksi gagal”, kemudian kami pindah ke atm BRI yang ada di sebelahnya ternyata berhasil, setelah saya cek saldonya ternyata di ATM yang pertama td saldonya sudah terpotong, langsung saya hubungi call center BRI Syariah dan juga call center BRI, sudah beberapa kali kami menghubungi bank tersebut namun dari sampai saat ini uang itu blm kembali, dan dari pihak bank hanya bilang tunggu saja….., sampai kapan ….. 😦

    • Pak agus kok kasus dan banknya sama persis dengan yang saya alami ya? Dari awal saya masih memaklumi karena setiap bank tentu saja mempunyai prosedur tentang penanganan atas complaint nasabahnya. Namun saya menjadi sangat kecewa ketika dalam waktu yang dijanjikan selama 14 hari kerja namun nasib saldo saya masih belum jelas. Ketika saya meminta kepastian mengenai waktunya mereka tidak bisa menentukan..Ini kan sangat aneh masa’ sekelas bank tidak bisa menentukan waktu penyelesaian complaint nasabahnya..

      tetapi tetap harus berjuang jangan putus asa. Jangan biarkan bank memperlakukan nasabah dengan cara-cara yang tidak profesional kalau perlu kita lapor ke YLKI :)?

  4. Ping balik: Berapa Lama Complaint diselesaikan? « My Life and Beyond

  5. Saya baru saja mengalami hal seperti ini kemarin. Saya tarik tunai di ATM BCA, namun uang tidak keluar. Saya cek saldo saya berkurang sesuai dengan nominal penarikan. Saya langsung menghubungi Halo BCA namun operatornya memberikan jawaban yang tidak jelas dan malah menyambungkan ke bagian perbankan. Saya hanya mendengar nada tunggu yang cukup lama tapi tidak ada jawaban dari pihak yang dimaksud.
    Mengecewakan.

  6. hari ini,
    Minggu, 5 agustus 2012. Kurang lebih jam 11 siang saya melakukan transaksi penarikan di ATM BRI dan yg terjadi adalah sama seperti postingan di atas, saldo berkurang tp uangnya tidak keluar dari mesin ATM-nya.

  7. nasib sama menimpa saya,bukan saya sih tepatnya pacar saya,,sebagai nasabah BRI syariah.
    tapi saya merasa bertanggung jawab.
    awalnya,saya dimintai tolong pacar saya untuk mengambil semua uang yang ada di rekening nya , untuk bayar kuliah, hanya sisakan 50ribu saja,karena sibuk kerja dia gak sempet ke ATM, pada waktu pagi hari saya cek saldo nya masih sesuai dengan keterangan yang diberikan, saya putuskan untuk tidak saya ambil karena nominal nya terlalu banyak,dan sore hari uang tersebut baru saya serahkan.
    alhasil sore hari saya memutuskan untuk melakukan penarikan, karena uangnya diminta.
    saya langsung menuju ATM BRI konvensional.
    didalam ruang ATM ada 4 mesin ATM 2mesin pecahan 50rbu,tapi yang 1 dalam perbaikan,2mesin lagi pecahan 100rbu.
    pertama saya melakukan transaksi dimesin atm dengan pecahan 50rbu untuk pengecekan saldo,setelah menunggu beberapa lama transaksi gagal.begitu juga yang kedua dan ketiga,saya pikir emang lagi eror,kemudian saya pindah ke mesin yang pecahan 100rbu,,biasa pertama saya cek saldo,tp masih tetap transaksi gagal,yang kedua baru berhasil dan saldonya masih sama,sesuai saldo awal,,kemudian saya melakukan penarikan secara keseluruhan,tapi setelah cukup lama saya menunggu ternyata transaksi gagal lagi.
    dan saya mencoba kembali untuk penarikan,ternyata tertera transaksi gagal,saldo anda tidak mencukupi.
    karena saya kurang yakin,saya cek saldo ternyata terdebet sesuai dengan nominal pada saat saya penarikan.
    akhirnya saya panik,dan mencari atm yang lain,saya coba di BNI ternyata saldonya tetep berkurang.
    dan di ATM BRI syariah juga begitu.
    saya panik bukan kepalang,,takutnya saya dituduh menipu.

  8. kalau saya boleh saran gan ganti bank aja, saya punya beberapa akun bank, saya pernah pake muamalat, BTN, BCA, Mandiri, BNI. BRI. dan semuanya pernah tarik uang saldo terpotong tapi uang tidak keluar.
    untuk Mandiri biasanya masalahnya ribet, kita harus datang ke kantor cabang, bawa KTP buku tabungan dan ATM, kemudian membuat claim dan nunggu proses 2 x 7 hari alias 14 hari. BCA, BNI dan BRI juga sama, apalgi kalau tariknya di ATM bank yang berbeda, harus nunggu sampe 3 x 24 jam. bagaimana kalau kita sedang diluar kota, tidak bawa buku tabungan, KTP juga tinggal? atau Bank nya gak ada, contoh di kecamatan, kan gak ada BCA, tariknya di ATM BRI, uang tidak keluar saldo terpotong? runyamkan.
    solusinya begini, dari semua bank yg pernah saya pake, paling baik layanannya Bank Muamalat. bila tarik tunai, saldo terpotong uang tidak keluar, di ATM Muamalat ataupun ATM Bank lain, kita tidak perlu repot2 bawa buku tabungan, ngurus KTP, cukup hubungi CS di 021500016, nanti CS akan menanyakan identitas kita, termasuk nama ibu kandung dan transaksi dimana, nah kemudian kita dikasih nomor serial untuk diingat, bila uang belum masuk, kita cukup telpon lagi dan sebutkan nomor tadi. uang juga akan refund paling lama 2 x 7 hari, tapi pengalaman saya 2 kali tarik tunai di ATM BRI cukup 1 hari kerja uang saya sudah balik, saya puas banget.
    yang kedua BTN, kalau BTN kita tidak bisa hanya telfon, tapi kita cukup datang ke bank BTN terdekat, enaknya bank BTN mereka tidak terlalu memberatkan kartu pengenal, bisa apa aja, SIM, KTP, Paspor, Kartu pelajar, kartu mahasiswa, kartu pegawai di kantor, bahkan kalau cuma fotocopy juga gak apa2, nah nanti mereka cuma minta buku tabungan dan cek, gak pake nanya yg ribet, malah kesannya mereka gak banyak tanya tapi kerja aja, dan uang kita akan dikembalikan 3x 24 jam, cepetkan.
    nah untuk bank lain, aduh,,,, apalagi mandiri dan BCA bisa,,, lama banget, bahkan menghabiskan tenaga, apalgi BCA, bank orang sombong.
    maslaah pelayanan, bank BCA kalau nabung dibawah 100 juta, siap2 antri kayak orang lagi minta minta, mana sumpek, berdiri lagi antrinya. mandiri juga sama aja, coba kalau bank muamalat, disediakan sofa empuk, air mineral dan permen gratis, bahkan koran dan majalh juga ada, datpamnya juga sangat ramah. jauh banget sama BCA, BNI, BRI, MAndiri.

      • Pengalaman saya baru kemaren hari jumat,06 maret 2015,pakai atm muamalat malah duitnya ga keluar tp saldo nya terpotong,memang saya pakai bank mandiri karena mau cepat cepat lalu ambil di atm muamalat,malah begitu jadinya.saya sdh lapor kemuamalat dan mandiri,ya harus nunggu 14 hari kerja,semoga lah duit saya bisa kembali padahal waktu itu ambil duit mau berobat ibu saya,jd ga jadi saldonya tiba tiba abis,nyesel rasanya masuk box atm muamalat kemaren.

  9. Tadi malam saya juga mengalami hal yang sama. Sekitar pukul 22:30 wib, saya mencoba ambil uang di ATM BRI Gresik, tapi layar mesin ATM mengatakan transaksi gagal. Saya coba lagi, gagal juga. Saya coba cek saldo, juga tidak bisa. Kemudian saya pindah ATM BRI yang dari bank. Hasilnya pun gagal juga. Saya nggak tahu apakah saldo saya berkurang atau tidak karena saya bahkan tak bisa cek saldo di ATM. Kenapa ini dengan ATM BRI? Padahal saya nggak pernah mengalami hal ini sebelumnya?

    • harus dicek dulu di ATM yang berbeda utk memastikan apakah saldo berkurang atau tidak.Jika saldo berkurang maka segera laporkan ke pihak bank yang bersangkutan 🙂

  10. Saya bru aja ngambil uang d’bank mandiri . Transaksi lancar tp uangnya tidak sesuai dengan nominal saldo yang berkurang . Itu kenapa ya??
    Lalu transaksi k’2 uangnya keluar seutuhnya . Kira-kira itu knapa ya?

  11. ternyata banyak yang mengalami yah…
    saya juga baru saja mengalami bank sinarmas…
    saya tunggu lama sekali atmnya ga bereaksi sampai akhirnya tulisan gagal..
    saya pikir gagal… besoknya saya cetak buku ternyata dipotong saldo saya…
    lagi klaim katanya musti tunggu 14 hari kerja

    payah ini sinar mas

  12. saya sedang mengalami hal serupa. dan disuruh menunggu 10 hari. saya terara galau menunggu dalam waktu itu… benar-benar membuat illfeel.

    • biasanya petugas bank tanya kapan dan di ATM mana transaksinya? Informasi tsb utk kepentingan pelaporan bank.Setahu saya bank tetap akan memproses laporan tsb cuman mengenai waktunya tergantung banknya…Jadi tetap harus dilaporkan.

  13. saya juga alami itu, pasx kira2 tanggal satu maret 2013. saya menarik di Bank BPD SULTRA Capem asera. yg mudah-mudahan bank muamalat mau kembalikan duit saya. jd jgnlah dipersulit isya allah.

  14. kjadian >>yg sama jg mnimpa saya Was” ia jengkel jg ia…yg jd prtanyaan bg yg udh ngalamin seprti itu..uang bs kmbali lg g y?? d tnggu jawabanYa….

  15. kalo saya ..pengambilan uang tgl 25 april 700rb ..tapi di struk nya 800
    trus pas di print buku tabungan saya tgl 27 april 500rb dan 1jt pada tgl yg sama ..
    padahal waktu tgl 27 saya di rumah ..gak kemana2 .

  16. pengalaman anda ini baru saja menimpa saya 7 hari yang lalu, bedanya saya melakukan penarikan di ATM bank lain yg berlogo ATM bersama, ya saya langsung lapor ke BANK yg mpunya ATM via Mobile, pas ditanya no rekening, saya di suruh lapornya ke bank saya (logis memang), padahal kan yang punya salah ATMnya dia, jadilah saya bobol pulsa 2 x laporan via mobile, stelah lapor ke 2x nya, di proses lah paling lama jangka waktu 18 hari kerja (proses paling lama kayanya), punya anda yang sebenarnya berapa hari di refund dari Hari musibah ? terus saya ingin tahu catatan di rekening korannya kalo refundnya itu tertulis apa ya ?
    puasa neh 3 minggu gara2 uang gaji 1 bulan kpotong ATM ERROR, yg di rumah malah antara percaya dan tidak kalo saya kena musibah ini, ( jadi CURHAT ), pusing gan DUH 😀

    • semoga segera direfund…utk catatannya di rek saya tdk perhatikan, utk waktu refundnya kayaknya sich kurang dari yang dijanjikan…

      • Aamiin, kayaknya ya A, mudah2an punya saya juga lebih cepat dari yang di janjikan, bikin masalah saja ni ATM butut, istri di rumah kan jadi lain sangkaannya, ya tadinya kalo tahu catatan refundnya kaya gimana, kan bisa di buktikan kalo uang gaji saya itu benar2 nyangkut di ATM.
        kalo gitu saya tunggu saja refundnya dan catatnnya kaya gimana dari bank saya ini.
        makasi atas responnya A. mudah2an kdepannya para mpunya ATM lebih memperhatikan lagi mesin2nya di luar sana.

  17. kak aan..
    trus brapa lama saldo kakak akhirnya kembali? cz tgl 2 april kmren aku jg ngalamin hal serupa..
    tapi baru laporan tgl 10 apr.. d suruh nu.ggu
    14 hari,, eh pas aku tnyakan lg d suruh buat ulang laporan..
    d janji lg 14 hr kmudian .-.
    gituuui terus..
    sampe sekarang msi d suruh nunggu.. kirakira brp lama yaa??

  18. hal yang sama saya alami pada tanggal 13 juli 2013 saat transaksi di atm bjb, uang 1jt keluar dari mesinnya tidak langsung saya ambil,sya ambil dompet dulu di dalam tas lalu pas sya mau ambil uang itu,. uangnya langsung masuk lagi ke dalam mesin atm,. sya bingung,,ktika di ulang kembali transaksinya,saldo berkurang,. sya langsung panik dan telephon banknya,. dan jawabannya tunggu 14 hari. sya bingung,,lg prlu ungnya. apa masih bisa kembali sprti mas aan??..

    • Insyaallah bisa kembali, tapi memang butuh waktu. Jika dalam waktu yang dijanjikan,uangnya belum kembali silahkan konfirmasi lagi ke banknya.

    • sama kaya saya kemarin…. pas saya malah smsan kurang lbih 15 detik uang masuk ke dalem… haha… saya langsung panik dan bengong liat uang masuk… saya pikir saldo bakal nambah… ehhhh tingal 18rb.. tapi kata pihak bank 10hari kerja

  19. mas aan..ini saya ety..saya juga tadi malam mengalamin hal yang sama..saya ambil uang tunai di ATM bersama di BCA..saya ambil 2 jt..tapi trnsaksinya gagal..setalah saya pindah ke ATM CIMB.ternyata saldonya berkurang..saya sudah tlpn ke bagian cs CIMB jakarta..katanya disuruh nunggu 14 hari kerja..apa bisa kembali ya?

    • Insyaallah bisa bu ety. Karena transaksinya lintas bank, maka membutuhkan birokrasi dan tidak bisa langsung dikembalikan pada hari itu juga. Rata2 waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu. Silahkan ditunggu saja. Kalau sudah 14 hari belum ada informasi segera konfirmasi lagi ke pihak banknya. Dan pihak bank belum tentu juga konfirmasi ke kita kalau uang sudah dikembalikan. Seperti yang saya alami dulu, saya konfirmasi ke bank ternyata uang sudah dikembalikan beberapa hari sebelumnya.

      thanks,

  20. saya baru kemarin mengalaminya,,nominalnya jg ga sedikit,,atm saya bca saya tarik tunai di atm bri,,saya pikir transaksi gagal,,ketika saya cek di atm bca saldo berkurang,saya sudah lapor ke bank yang bersangkutan,dia bilang tunggu 14 hari kerja,,kira2 uangnya kembali ga yah??

    • Insyaallah kembali, tapi kalau sampai waktu yang dijanjikan belum juga ditransfer, segera konfirmasi ke pihak banknya.

      Semoga sukses slalu..

      • alhamdulillah uangqu sudah kembali..setelah pelaporan ke bank’ny ..2 minggu kemudian aku di transfer oleh banknya sesuai nominal yang hilang..mungkin pelajaran supaya lebih hati2 dan kalau bisa,untuk menghindari hal yang serupa,mengambil uangnya di mesin atm yang sama bukan mesin atm yang berbeda,,misalkan kartu atm A mengambil di mesin atm A juga, bukan mesin atm bank lain..dan usahakan langsung lapor ke banknya,agar langsung ditangani.
        trims mas aan…

  21. Saya baru kejadian seperti bapak.. Atm saya bca. Saya tarik tunai di atm mandiri karena susah mencari atm. Transaksi gagal tpi saldo berkurang.. Setelah saya menelpon di suruh tunggu 12hari.. Kira” uang saya kembali gk yah pak.. Soal nya posisi tarik tunai saya yg gagal itu berada di luar kota..

  22. Mas, sy baru saja dpt pengalaman yg aneh, masa’ narik tunai 500rb, di dompet pas bayar makan ada duitnya 1,5jt [padahal posisi dompet sy hny ada bbrp pecahan uang dua ribuan dan 5ribuan]. Padahal sy sadar banget jumlah yg sy tarik dri atm 500rb, cuma pas duit keluar sy gk hitung sih brp jumlahnya.. aneh ya. Sy langsung searching di internet brgkali ada yg dpt pengalaman serupa, sampe sy nemu blog ini. Barangkali ada yg punya pengalaman sama?

  23. Kalo saya kasus nya transfer e mobile tadi malem dari bank HSBC ke bank BCA ,,,saya transfer jam 5 sore dan laporan transfer berhasil/ sukses melalui sms dan saya mengecek ke rekening BCA masih kosong sampai tadi pagi saya cek,,dan yg lebih aneh kenapa saldo yg di bca malah jadi hilang /0,00 gmana yaah,,,ngurus nya,,,?

  24. saya baru mengalaminya, pada tanggal 17 kemarin…saya tarik tunai di atm bersama sebelum narik saya ngechek saldo dulu,, struk keluar tp pas saya lanjutkan untuk tarik tunai.. proses agak lamakeluar malah keluar atm saja.. struk dan uang tdk keluar, kemudian saya chek di atm BNI atm saya tdk bs digunakan, lalu saya ke ATM BRI sesuai ATM saya, dan saya chek saldo ternyata uang saya berkurang 500 rb,,,, akhirnya saya proses ke BANK BRI ,,katanya selama 7 hari kerja dan maksimal 20 hari.. bukan 14 hari kira2 uang saya kembali ga ya mas .. mohon info nya ya mas..tks

    • Insyaallah kembali kok,kalo waktu yang ditentukan belum juga dikembalikan silahkan konfirmasi lagi ke banknya. biasanya mereka transfer balik juga ga konfirmasi ke kita..

      thanks,

  25. saya juga mengalami hal yang sama bahkan dua bank sekaligus, yaitu di BRI dan BCA, ampe sekarangpun saldo ssaya melayang sia2, bner2 g ikhlas pak bos,,,,untuk selanjutnya saya tarik tunai saja di banknya langsung, antri lama tapi saldo g melayang cuma2,,,sLm prihatin untuk semua perbankan,,,,

  26. Mas.. Aq kmrn mengalaminya juga 😦
    Aq ambil tabungan (1juta) di BRI lwt atm bersama, mn aq butuuuuh bgt tu uang buat bayar ibuku di RS 😦
    Ambilnya juga di atm dpn RS,
    Udh laporan ke BRI tp dijanjiin 2 x 7hr kerja, kira2 tu uang bakal balik ga ya mas? 😥
    Soalnya aq butuh bgt tu uang 😦
    Oya uangku ketelen sm kartu atm nya juga, kira2 bs dibobol ga ya?
    Msh ada sisa tabungan aq dsna soalnya 😥
    Yaa robbii…. Ibu sakiiiiit…. Uang ketelen mesin sm kartu atm nya lg…

  27. saya juga pernah mengalami hal seperti itu, bahkan baru saya alami 1 minggu yang lalu. atm saya bank mandiri tapi saya mau narik di atm bank BTN, awalnya saya mau narik uang 1 juta tapi gagal. terus besoknya saya coba ngambil lagi. pas liat resi ternyata saldonya berkurang 1 juta pada penarikan yang gagal sebelumnya. saya juga berusaha lapor k pihak bank mandiri dan juga katanya perlu waktu proses 14 hari kerja. sekarang baru 8 hari kerja, jadi saya mesti nunggu beberapa hari lagi. belum tau apakah uangnya bisa kembali atau tidak.. 😦
    kalo boleh saya tanya apakah saldo anda yang terpotong itu kembali lagi atau tidak??? saya khawatir kalau uangnya tidak bisa kembali…

    • Pengalaman sy uang kembali sebelum 14 hari kerja setelah complaint. Silahkan ditunggu aja tp kalau stelah 14 hari blm ada informasi dari bank bs dikonfirmasi lagi.semoga uangnya cepat kembali.

      Thanks,

  28. lama amat itu menunggu 14 hari mas!!masalah serupa jg saya baru alami dan hanya disuruh menunggu 3 hari kerja!! dan menunggu pesan singkat dari pihak BRI selama 10 hari kerja

  29. sama kasus saya kemarin tgl 30 desember, aq narik tunai 700 rbu ATM bersama bank muamalat ATM saya BCA, pas saya narik terdengar tu mesin menghitung uangx pas selsai langsung keluar sendiri kartu ATM saya ndan uang tdk keluar2 saldo utama sdah terpotong 700 rb, saya melaporkan masalah ini lewat tlp BCA soalx jauh cabang BCA 2 hari perjalanan, apa nanti akan kembali nanti uang saya?

    • Utk melaporkan ke pihak bank tdk hrs dtg langsung ke banknya tp bisa via telpon.biasanya pihak bank akan memberikan estimas wkt penyelesaiannya.harusnya uang kembali..

      Thanks,

  30. Saya juga baru ngalamin nih mas ..
    pas tanggal 11 januari 2014, saya nemenin pacar saya ngambil uang ke atm mandiri ..
    posisinya sih waktu itu saya diluar, jadi ngga tau kejadiannya ..

    cuma pas pacar saya keluar dari atm, dia keliatan panik gitu, terus nanya” sama orang skitar ..
    saya inisiatif buat nanya ke dia apa masalahnya ..
    ternyata atm nya tertelan .. sebenernya uangnya udah keluar, tapi pas pacar saya mau ambil uangnya, tiba” uangnya masuk lagi ..

    padahal print out transaksinya udah keluar .. lumayan mas, ilang 500rb ..
    itu kira” uangnya kembali ngga ya ?

  31. Mas, apa uangnya dikembalikan? soalnya saya juga skrg korban dari bank BRI..
    Saya skrg sudah tahap pengaduan ke-2, pengaduan pertama (10 hari kerja) dinyatakan sukses oleh pihak bank (uangnya keluar) nah loh.. makanya saya banding, pengaduan ke-2 (untuk melihat CCTV) malah disuruh nunggu maksimal 20 hari kerja -_-‘ segitu lamakah??? istri saya pernah kejadian dibank mandiri, namun saat itu juga dikembalikan uangnya..

  32. Sy juga ngalamin nih Mas…
    Tanggal 3 Mei 2014 yang lalu Sy berencana ambil uang di ATM Mandiri tp berhubung ATM nya rusak akhirnya Sy menggunakan ATM bersama milik BNI setelah Sy masukkan ATM Mandiri Sy ke mesin ATM BNI ternyata uang tersebut tdk keluar setelah Sy selesai transaksi dan saldo Sy juga kepotong sejumlah uang yg Sy ambil (Rp 1,8 Jt). Akhirnya dlm kepanikan Sy, Sy menghubungi CS BNI tp saat itu tdk bs tersambung & akhirnya Sy coba hubungi CS Mandiri Call (14000) dan hari Seninnya (5/5/2014) Sy jg melapor ke BM. Tp hingga Sy menulis cerita ini (23/5/2014) uang Sy belum bs kembali Sy jg sdh coba melapor ke 14000 tp disuruh ke langsung ke BMnya dan Sy kemudian melapor kembali ke cabang BM tp lagi2 jawaban CS Sy disuruh menunggu karena blm ada jawaban dr pusat. Akhirnya CS tsb kemabali mengirimkan email kep pusat BM. Mohon pencerahannya kira2 uang Sy bs kembali g y???Tp smp berapa lama lg Sy hrs menunggu…??!

  33. kejadian seprti ini juga sya alami tdi pagi.tapi di atm syariah pada jam 07;32;58.tapi bukan uang yang keluar,hanya resi yang bertuliskan ATM TIDAK DAPAT MEMBERIKAN SEJUMLAH UANG YG ANDA MINTA SILAKAN PERIKSA REKENING ANDA ..setelah sya lakukan pengecekan di tempat yg berbeda .,ternyata saldo nya sudah berkurang kartu atm saya juga BRI .saya sdah coba hubungi custumer servise,tp terputus karena habis pulsa,,setelah saya isi pulsa ,dan saya coba hubungi lagi ternyata layanan dah tidak aktif,,pdahal ini kan lagi libur bersama,,jadi saya harus lapor ke mana lagi,

  34. Mas aan, kita senasib hehehe,
    kejadian sy disebuah pertokoan sy coba mau tarik tunai di atm bank mega, karena atm nya bermasalah dilayar tertera error, maka saya memutuskan pindah ke atm sebelah yaitu atm bni dan bri, tapi ketika dicoba ternyata transaksi gagal dan sy coba lagi di atm sebelah yaitu bri dan transaksi gagal pula. sy urungkan ambil uang hari itu, besok nya sy cek saldo alangkah kaget nya ternyata sudah ke debit 2 X, akhirnya sy complain ke CS bank nya, betul mas aan 14 hari dan sampai hari ini udah mau 1 bulan sy komplain terus jawaban cs nya dengan enteng….” transaksi bapak yg tanggal sekian berhasil jd tidak ada yg terdebit di atm”….komen nya cape deh perbankan di indonesia….

  35. Assalamualaikum wr.wb
    Saat ini saya juga lagi menderita hal serupa mas… ini lumayan bikin sakit ati dan menjengkelkan…
    Transaksi di ATM BR* menggunakan ATM BriS*****h. Pagi itu saya sebelum tarik tunai cek saldo terlebih dahulu dan bisa muncul nominal saldonya, tapi pas tarik tunai 700rb “transaksi gagal” uang gak muncul kemudian saya pergi saja mungkin lagi gangguan atau kosong uangnya tanpa cek saldo lagi. pas sore harinya cek saldo di atm yang sama, saldo saya sudah terdebet 700rb, sontak ini bikin panik padahal lagi butuh uang banget buat beli beras.. setelah itu saya Call BriS, kata CS nya nunggu 20 hari kerja, ini lebih lama 6 hari dari masbro y… wah wah.. ini betul-betul bikin peniing.. semoga saja uang saya cepet dikembalikan.
    jadi meskipun awalnya cek saldo dulu dan “berhasil” tidak menjamin transaksi selanjutnya juga berhasil..
    Sepertinya sering sekali kejadian macam gini, meskipun “katanya” uang bakal kembali tapi kejadian ini sudah sangat merugikan nasabah, rugi emosi,waktu,dll. kalau tidak di perbaiki kualitas sistemnya, nasabah tentunya terus was-was dan akan mengucapkan selamat tinggal kepada bank yang bersangkutan..
    inilah pengalaman saya yang masih mencoba sabar 20 hari kedepan menanti ketidakpastian kapan kembalinya si 700rb yang hilang..
    semoga menjadi perhatian untuk bank yang bersangkutan dan bank-bank lain di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini..
    Wassalamu’alaikum wr. wb

  36. kalo saya penarikan uang di ATM BNI saldo terpotong uang gk keluar…saya kompain ke rek Bank saya (lain). dikasih jangka waktu 15 hari alasannya harus konfirmasi ke Pusat

  37. ini baru saja terjadi pada saya beberapa jam yang lalu,,saya nabung di BRI,sebesar Rp. 5.025.000 kemudian alhamdulilah di buku rekening tertera jmlh saldo Rp. 5.800.000 namun waktu itu juga belum semenit berlalu saya langsung ke ATM untuk transfer uang,,ketika di cek ternyata saldo saya -190.000,,,akhirnya saya komlen ke Bank tersebut,,tapi pihak bank mengatakan kalo saya membuat rekening bukan dari Bank itu,melainkan dari bank lain..sampai saat ini saya masih bingung

  38. Saya baru saja mengalami hal serupa..
    Sy transfr dri internet bankiing Bca ke rek Bank Mega..
    Tertera transfer berhasil setelah sy cek ke mega uang blm masuk..
    saya cek lagi ke Bca ternyata no rek mega nya kurang 2 digit angka..
    sy lngsng confrm ke bank mega alhamdulillah ni rek yg kurang dua qngka itu tdk ada yg memiliki..
    Terus sy tlp k bca menanyakan kenapa transfer k rek yg kurang no digitnya laporannya berhasil dan saldo sy berkurang..
    mereka bilang akn di proses ke BI dan Menunggu 3hri Kerja uang akan di kembalikan ke rek bca..
    benar gak yah uang sy itu akn di kembalikan ke rek bca sy..
    karna nominalnya lumayan besar hampir 10jt..

  39. Saya juga baru mengalaminya. Saya adalah nasabah bank BPD tapi karena atm nya bermasalah istri saya menarik di atm BNI. dia menarik sebanyak Rp1.500.000 tapi karena tidak juga keluar mencobanya lagi sebanyak 3 kali tapi tidak ada yang keluar. Nanti malamnya saya sendiri menarik di atm BPD sebanyak Rp1.500.000 dan berhasil keluar tapi yang jadi masalah dari struknya saldo saya berkurang sebanyak Rp4.500.000 rupanya penarikan di atm BNI diakui oleh sistem walaupun uangnya tidak keluar. Saya langsung adukun kepihak bank BPD dan mereka menyuruh saya menunggu selama 2 minggu. Setelah 2 minggu saya kemarin tgl 27 januari 2015 yg kembali hanya Rp.1.500.000. Berarti masih hilang Rp3.000.000. Dan pihak bank bilang mau diapa ini sudah sistem yg kerja, tapi saya tidak terima. Ahirnya pihak bank menyuruh saya datang 2 hari lagi berati besok saya akan pergi lagi untuk mengeceknya. Nah yg jadi masalah bagaimana kalau uang saya tidak kembali?. Saya harus lapor kemana bagusnya?

  40. Saya juga baru mengalaminya. Saya adalah nasabah bank BPD tapi karena atm nya bermasalah istri saya menarik di atm BNI. dia menarik sebanyak Rp1.500.000 tapi karena tidak juga keluar mencobanya lagi sebanyak 3 kali tapi tidak ada yang keluar. Nanti malamnya saya sendiri menarik di atm BPD sebanyak Rp1.500.000 dan berhasil keluar tapi yang jadi masalah dari struknya saldo saya berkurang sebanyak Rp4.500.000 rupanya penarikan di atm BNI diakui oleh sistem walaupun uangnya tidak keluar. Saya langsung adukan kepihak bank BPD dan mereka menyuruh saya menunggu selama 2 minggu. Setelah 2 minggu saya kemarin tgl 27 januari 2015 ke bank BPD, yg kembali hanya Rp.1.500.000. Berarti masih hilang Rp3.000.000. Dan pihak bank bilang mau diapa ini sudah sistem yg kerja, tapi saya tidak terima. Ahirnya pihak bank menyuruh saya datang 2 hari lagi berati besok saya akan pergi lagi untuk mengeceknya. Nah yg jadi masalah bagaimana kalau uang saya tidak kembali?. Saya harus lapor kemana bagusnya?

  41. saldo gak balik dengan alasan katanya saldo dipotong 2jt tgl 24 feb untung bayar hutang penarikan tunai 2jt lewat atm yang belum tercatat…LHO..ATM BISA BUAT HUTANG DI BANK YA…

  42. Saya sdg mengalami hal ini, saldo di bri saya terpotong pdhl pd saat pengambilan di atm uang tdk keluar, saya ambil di atm mand*ri. Apa yg seharusnya saya lakukan?

    • segera laporkan ke pihak bank yang bersangkutan.kalau tidak dilaporkan ga bakalan uangnya kembali secara otomatis. setalah dilaporkan pihak bank akan memproses sekitar 2 minggu. semoga membantu.

      terima kasih

  43. ternyata banyak juga yang mengalami … aku sekarang lagi menunggu 10 hari untuk bisa dikembalikan. mana ATM BRI adeku
    awal ceritanya : ngambil di Mall kenari jakpus. padahal ambilnya sebelahan sama bank nya. pas narik ko struk keluar tapi uangnya kesangkut di mesin, trs aku panggil satpan (ketok” kaca) akhirnya satpan pun datang, trs kata satpan uangnya kesangkut mba sebentar ya… datanglah si mba CS ini sambil di liat tu dwit kesangkut terusss sama mba CS ini dibuka mesinnya dia On – OF mesin nyala lagi. trs dia kunci… pas di suruh cek saldo saldo berkurang 1juta. eh masa dia bilang suruh tlp ke 14017 padahal jelas” dia yang bikin uang itu masuk karena dia buka itu mesinnya.
    langsung emosi tingkat tinggi.
    BRI ribet dia yang buat menjadi masalah dia juga gak bisa selesain masalah

  44. pada hari sabtu tanggal 21 November 2015 teman saya transfer kerekening mandiri melalui atm BRI, ternyata pas saya mengecek saldo tidak masuk uang sama sekali dr mandiri saya, dikarenakan di atm BRI tersebut gangguan jaringan dan mengantung di tengah, apa yang meski saya lakukan mohon bantuannya supaya masalah ini cepat terselesaikan….apa saya meski tunggu seminggu atau 2 minggu…

    • teman anda harus segera melaporkan ke bank yang bersangkutan karena kalau tidak dilapor biasanya bank tidak bisa memproses secara otomatis. Pihak bank baru akan memproses uang kita jika ada laporan dari nasabah. Setelah dilaporkan biasanya bank memberikan waktu maksimal 2 minggu untuk mengembalikan dana tsb ke rekening kita. Semoga membantu

      Terima kasih

  45. ehm..bank BRI mengecewakan..
    klo gk dri perusahaan suruh bikin atm bri saya gak mw..
    baru kemaren kejadianya tgl 3 maret 2016,,saya inget banget 3x pindah atm..yg pertama bri d’pom bensin..lamaa nunggu jawaban’a TRAnsaksi dibatalkan.
    pindah k’indomart pake atm bca “tipe kartu ada salah”
    pindah lagi ke bri center..”Tipe rekening anda salah” kesel dh..akhir’a w coba besoknya..pas mau transfer k’bca lewat atm bri saldo anda tidak mencukupi..mampus dh w..disitu w perasaan gk enak..bsok’a k’atm center bri dimall pim..mba’a malah gk ada solusi malah salahin w..gk ad jawaban yg bisa duit kembali..klo agan2 diatas enak disuruh nunggu..klo w disuruh ikhlas..hadeuh gmn y solusinya

  46. kalo saya sebelumnya mau ambil uang 100 rb di atm BRi setelah pilih jumlah uang atm malah eror kyak tampilan awal dan kartunya keluar sendiri trus pindah ke atm yg lain dan transaksi sukses setlah satu minggu saya setor dan di cetak ,,saya baru tau kalo ternyata jdi korban atm eror dan saldo yg kepotong 200rb. saya laporkan ke cs dan masih nunggu. .semoga bisa kembali uangnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s