Pentingnya komitmen

Kemarin saya memberikan presentasi untuk produk IT di salah satu corporate di Kulon Progo. Karena terlanjur sudah janji, maka harus ditepati. Padahal kondisi badan saya sedang tidak fit. Sebenarnya bisa saja saya mereschedule kegiatan tersebut dengan alasan nggak enak badan.  Kerongkongan terasa nggak enak banget. Karena hanya masalah batuk dan tenggorokan yang terasa sakit saya pikir bukan suatu kendala yang berarti. So tetap memberikan presentasi walaupun dengan suara yang tidak begitu jelas. Suara yang keluar mirip-mirip seperti suara robot. Bahkan beberapa orang yang menelpon saya dikirain salah sambung dan selalu menanyakan kebenaran yang menerima telpon :).

Idealnya kalau memberikan materi tentu saja dengan kondisi yang benar-benar fit dan bugar. Namun kalau udah terlanjur janjian gimana lagi ya harus dipenuhi.  Untuk meminimalisir mengeluarkan energi suara yang banyak. Maka saya minta peserta untuk berdiskusi, supaya saya tidak terlalu banyak memberikan penjelasan. Saya meminta perwakilan setiap unit kerja atau departemen yang ada untuk menjelaskan permasalahan yang mereka hadapi secara detil. Kemudian saya memberikan jawaban atas permasalahan yang mereka sampaikan dengan demo presentasi dan ditambah dengan sedikit penjelasan. Ternyata strategi seperti itu cukup berhasil.Bahkan diantara peserta diskusi bisa saling membantu memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi peserta lainnya.

Kadang-kadang kita hanya perlu menjadi pendengar yang baik untuk menghasilkan solusi terbaik.

Jika kita masih bersedia memenuhi komitmen kita pada saat kondisi yang kurang kondusif pun, bukankah akan menjadi value added tersendiri di benak customer atau pihak lain? Kalau menurut teman-teman sebaiknya mereschedule kegiatan sampai anda benar-benar bugar atau tetap menepati janji anda walaupun dengan kondisi yang kurang kondusif?

Tinggalkan Balasan

