IMB Hilang

Beberapa minggu yang lalu di perumahan tempat saya tinggal mendapat bantuan dari pemerintah untuk proses peningkatan status Sertipikat Hak Guna Bangunan (SHGB) menjadi Serpikat Hak Milik (SHM). Bagi warga yang rumahnya masih berstatus SHGB diberikan bantuan dalam proses peningkatan hak menjadi SHM. Karena ini program kolektif, maka biayanya sangat murah dibandingkan dengan pengurusan melalui notaris. Selain itu, pengurusan berkas-berkas cukup diserahkan di RT, jadi tidak perlu keluar masuk instansi. Sebagai warga yang status rumahnya masih SHGB, saya pun ikut mendaftar dalam program tersebut. Setelah mendapat formulir dan persyaratan yang harus dilampirkan, ternyata ada satu syarat yang belum bisa dipenuhi yaitu IMB. Karena memang IMB rumah saya masih belum ketemu/hilang. Upaya pencarian sudah dilakukan, namun masih belum ketemu juga :).

Setelah berkonsultasi dengan pegawai BPN, saya disarankan untuk melaporkan ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan. Karena berkas sudah harus diserahkan paling lambat minggu ini, tadi pagi saya bergegas meluncur ke Kantor DPU&P. Di kantor PU&P kita cukup melaporkan identitas pemegang IMB,alamat perumahan dan tahun dikeluarkannya IMB yang hilang tersebut. Nampaknya berkas tersebut harus dicari secara manual. Sehingga saya harus pulang dengan tangan hampa dan harus menunggu konfirmasi dari petugas.

Di era teknologi informasi yang demikian pesatnya, ternyata masih saja ada instansi yang belum memanfaatkan teknologi informasi. Tidak bisa dibayangkan betapa susahnya melacak IMB untuk satu kabupaten/kota jika masih menggunakan proses pencarian berkas secara manual. Kalau saja sudah menggunakan sistem, maka saat itu juga kita mendapatkan informasi tentang keberadaan IMB tersebut. Tidak harus menunggu proses pencarian oleh petugas yang entah membutuhkan waktu berapa lama?.

Dengan tidak adanya sistem, maka potensi terjadinya korupsi di instansi pemerintah masih sangat besar. Karena tidak adanya sistem yang mengontrol kinerja birokrasi. Bagaimana pendapat teman-teman? adakah yang punya pengalaman serupa?

8 thoughts on “IMB Hilang

  1. Wah .. aku belum bisa ngasih pendapat nih mas
    tapi benar juga sih, susah kalau proses pencarian berkas masih dilakukan secara manual ya mas, butuh watu brp lama ya ? 🙄

  2. Saya pernah mengalami pada tahun 2012 mengurus memperpanjang sertipikat HGB, tapi terganjal hilangnya IMB. Sesampainya di kantor walikota, saya dipingpong ke ke kecamatan, dari kecamamtan ke kelurahan, ke kecamatan lagi, ke kantor walikota lagi. Dan diantara waktu-waktu itu terkadang aparatnya tidak ada di tempat sehingga saya harus balik lagi keesokkan harinya. Masalahnya selesai ? ternyata tidak….. ternyata ada intrik2 di situ. Sampai akhirnya saya stress sendiri dan tidak sanggup lagi meneruskan ….

  3. Saya pernah mengalami pada tahun 2012 mengurus memperpanjang sertipikat HGB, tapi terganjal hilangnya IMB. Sesampainya di kantor walikota, saya dipingpong ke kecamatan, dari kecamatan ke kelurahan, ke kecamatan lagi, ke kantor walikota lagi. Dan diantara waktu-waktu itu terkadang aparatnya tidak ada di tempat sehingga saya harus balik lagi keesokkan harinya. Masalahnya selesai ? ternyata tidak….. ternyata ada intrik2 di situ. Sampai akhirnya saya stress sendiri dan tidak sanggup lagi meneruskan ….

Tinggalkan Balasan

