Menentukan Fokus Produk

Tidak sedikit dari start up company misi awalnya hanya membuat produk berdasarkan kebutuhan customer (customize product). Namun seiring dengan perkembangan usaha, sudah mulai mempertimbangkan untuk fokus pada produk tertentu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir cost yang tinggi sehingga product yang dihasilkan bisa bersaing.

Penentuan fokus produk biasanya dilandasi karena pertimbangan kebutuhan pasar yang potensial. Selain itu, ketersediaan resource serta core kompetensi yang dimiliki juga menjadi tolak ukur. Memang tidak mudah menentukan produk mana yang menjadi fokus perusahaan. Belum lagi godaan permintaan product-product customize dengan nilai yang sangat menggiurkan.

Salah satu kelebihan menentukan fokus produk adalah perusahaan berpotensi untuk menjadikan produk tersebut menjadi produk massal (mass product). Dengan riset tertentu, namun berpeluang mendapatkan benefit yang tinggi. Apalagi kalau produk yang dihasilkan bisa diterima oleh pasar dengan baik.

3 thoughts on “Menentukan Fokus Produk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s