Good Habit Baru

Ketika kita ingin membuat kebiasaan baru, maka banyak sekali hambatan dan tantangan yang menghambat kita. Karena kecenderungan orang resistensi terhadap sesuatu perilaku baru yang terasa asing dan berat.

Para peneliti brain science dari MIT (2014) menemukan fakta menarik saat pertama kali melakukan perilaku untuk sebuah habit baru, neuron atau sel-sel saraf di kepala kita agak kaget dan ribuan neuron itu perlu kerja keras untuk melakukan kordinasi agar prilaku baru tersebut bisa dijalankan dengan baik.

Maka dalam membuat good habit baru, dengan target perilaku yang kecil dan mudah akan lebih sukses menumbuhkan habit baru secara permanen dibandingkan dengan langsung membuat target yang besar.

Kadang kita ingin membuat good habit baru dengan goal yang sangat muluk. Namun kadang tidak pernah bisa mengeksekusinya dengan baik. Berikut ini contoh habit baru yang sederhana dan mudah :

  • Berjalan kaki tiga menit setiap hari
  • Membaca buku berkualitas satu halaman setiap hari
  • Membaca kutab suci satu ayat setiap hari
  • Makan sayur dan buah minimal satu kali setiap harinya
  • Berangkat ke tempat kerja satu menit lebih cepat dari biasanya
  • Membuat satu kebaikan dengan sesama setiap hari
  • Mempelajari ilmu baru sepuluh menit setiap hari

Kalau kita lihat daftar good habit tersebut sangat sederhana dan mudah. Sepertinya tidak ada yang berat untuk dijalankan dari habit tersebut. Hampir setiap orang bisa melakukannya dengan baik. Ketika perilaku yang sederhana dan mudah ini kita lakukan dengan konsisten dan dalam waktu yang lama, maka kita akan melihat perubahan atas perilaku kita.

Ketika setiap hari kita dengan sangat mudah membaca buku satu halaman, maka beberapa hari berikutnya kita dengan mudah membaca buku lima halaman, sepuluh halaman dan bahkan di waktu tertentu tidak terasa kita sudah terbiasa membaca buku 30 halaman setiap harinya.

Langkah-langkah kecil yang kita lakukan hari ini, menentukan apa akan kita capai di masa depan kita. Baik dalam karir, keluarga, dan kehidupan kita. Maka yang kita perlukan saat ini adalah membuat good habit baru dan mengurangi bad habit baru sebanyak mungkin.

Cange your habits, cange your life

Sudahkah anda membuat habit baru anda di tahun 2020 ini?

Selamat mengeksekusinya..!