Melayat di Bulan Puasa

Pagi tadi sebelum berangkat kerja, saya dan salah seorang tetangga pergi layat ke tempat orang meninggal. Kebutulan salah seorang kerabat bapak ketua RT di komplek di mana saya tinggal meninggal dunia. Belum lama kami duduk di rumah duka, kami pun disuguhi makanan. Namun dengan halus kami tolak karena sedang menjalankan ibadah puasa. Saya perhatikan beberapa pelayat yang pulang sambil menenteng kardus berisi makanan. Tidak hanya sampai disitu setelah berpamitan pulang kepada tuan rumah, kami pun disuguhi lagi makanan untuk di bawa pulang, lagi-lagi dengan halus kami menolaknya.

Apakah menyediakan makanan untuk para pelayat di siang hari bulan ramadhan sudah menjadi tradisi di masyarakat kita ? atau memang tergantung dari daerahnya masing-masing. Pengalaman saya beberapa tahun yang lalu melayat di bulan ramadhan di daerah lain, memang sengaja tidak menyediakan makanan. Hal ini dilakukan untuk menghormati pelayat yang sedang berpuasa.

Bagaimana dengan tradisi di lingkungan tempat tinggal anda..?

Iklan

7 thoughts on “Melayat di Bulan Puasa

  1. wah …. saya dah lama ndak melayat pas puasa. Kalo yang memberi makanan utk dibawa pulang kok aku baru tahu ya mas …. setahuku dulu pas msh tinggal di kudus, kalo melayat , pulangnya nggak dikasih apa apa deh, khan yg punya rumah lagi kesusahan, beda kalo lagi pas mantu, atau sunat, biasanya ada yg memberi makanan utk dibawa pulang. Atau mungkin skrg adatnya begitu ya ?

    • Tiap-tiap daerah punya tradisi masing-masing. kalau pengalaman saya beberapa tahun yang lalu di daerah lain malah tidak disuguhi apa-apa karena kebutulan bulan ramadhan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s