Birokrasi Belum Berubah

Beberapa tahun terakhir ini pemerintah santer dengan program pemberian remunerasi kepada PNS. Remunerasi ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan PNS. Dengan meningkatnya pendapatan PNS diharapkan dapat mengurangi terjadinya kasus korupsi. Selain itu juga pemerintah ingin meningkatkan pelayanan kepada masayarakat. Namun sayang, tujuan program remunerasi ini hingga saat ini hanya segelinter kementerian yang berhasil mewujudkannya. Padahal remunerasi sudah terlanjur digulirkan.Namun bagaimana dengan kasus korupsi yang merejalela hampir di semua kementerian sampai ke tingkat paling rendah di kelurahan misalnya? apakah program remunerasi benar-benar menjadi solusi atas masalah korupsi yang terjadi di negeri ini?.

Mungkin saja orang-orang yang sekarang berada di lingkaran pemerintah sudah mulai berbenah dan bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Tapi apakah dengan semangat individual ini bisa memerangi korupsi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat? Semua ini hanya sia-sia belaka jika regulasi dan sistem yang ada di dalam lembaga tersebut tidak pernah mau diperbaiki. Justru sistem yang ada sekarang ini membuat banyak peluang untuk melakukan tindakan korupsi dan menambah birokrasi pemerintah.

Hal inilah yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Pada saat kami harus memperpanjang dokumen perusahaan, ternyata berkas dokumen kami ditolak dengan alasan ada kesalahan kata-kata pada dokumen perubahan akte perusahaan.Namun anehnya pada tahun-tahun sebelumnya proses memperpanjang dokumen ini tidak menjadi masalah. Padahal dokumen perusahaan yang dipakai tetap sama. Walaupun awalnya kami protes, kami terpaksa harus memperbaiki dokumen tersebut. Ternyata birokrasi berbelit-belit itu tidak hanya berhenti sampai di situ.Karena untuk memperbaiki dokumen sesuai dengan permintaan instansi tersebut, maka berkas dokumen harus kami tarik kembali. Untuk menarik berkas yang sudah masuk ternyata tidak sesederhana yang kami bayangkan. Kami harus membuat surat permohonan penarikan berkas ke instansi dimana kami memasukan dokumen.Kemudian instansi tersebut harus membuat surat lagi ke instansi yang menangani masalah dokumen perusahaan. Sudah 3 minggu dari sejak surat permohonan berkas kami ajukan, sampai sekarang dokumen tersebut masih belum bisa diambil. Padahal informasi awal hanya sekitar 2 atau 3 hari. Setelah kami konfirmasi lagi katanya pimpinan sedang di luar kota.

Nampaknya upaya untuk memajukan perusahaan dalam negeri untuk bisa bersaing dengan perusahaan asing masih menjadi impian belaka. Bagaimana mungkin perusahaan lokal bisa berlari dengan cepat di tengah gempuran produk luar negeri yang serba kompetitif, kalau untuk urusan yang sifatnya remeh temeh saja dipersulit. Jadi jangan heran kalau banyak perusahaan asing yang memindahkan investasi atau pabriknya ke negera-negara tetangga. Masalah regulasi dan intangible cost yang relatif tinggi menjadi bumerang bagi para investor.

Bagaimana pendapat teman-teman apakah dengan program remunerasi bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ?

Iklan

6 thoughts on “Birokrasi Belum Berubah

  1. tidak cukup hanya dengan renumerasi para birokrat harus dibina mentalnya jangan mental “ada uang pasti jalan, kalau bisa dipersulit kenapa harus mudah” . Seharusnya ” kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit”. Kalau tidak bisa dibina ya! dibinasa-kan (dipensiun dini)

    • Spirit “kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit” itu yang kayaknya belum ada.

      Thanks atas kunjungannya pak

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Aan Subhan…

    Senang dapat bersilaturahmi lagi kemari.
    Birokrasi selalu menyukar sesuatu proses yang ingin disegerakan.
    Hal ini menyebabkan kejengkelan kerana harus menunggu lama dan menyulitkan prosedurnya.
    sampai kapan birokrasi bisa dikurangkan.

    Salam sejahtera.

    • Wa’alaikum salam wr.wb.

      Birokrasi yang berbeli-belit selalu identik dengan institusi pemerintah.Beberapa program dilakukan untuk melakukan reformasi birokrasi. Namun sayang, budaya dan spirit untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat masih merupakan barang yang langkah.

      Terima kasih bunda atas kunjungan dan komentnya

      Salam dari Jogjakarta…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s